Share

10 Motor Tempur Terbaik yang Digunakan Perang (2-Habis)

Anton Suhartono, Okezone · Selasa 21 Februari 2017 07:45 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 20 15 1623204 10-motor-tempur-terbaik-yang-digunakan-perang-2-habis-3OIl6i6XQK.jpg Harley Davidson WLA (Visordown)

JAKARTA - Sepeda motor diandalkan untuk membantu pertempuran di garis depan sejak masa perang dunia. Umumnya, selain digunakan sebagai alat angkut, motor juga digunakan sebagai kendaraan pembawa senjata.

Selain dibuat oleh produsen yang spesifik membuat produk di bidang militer, motor-motor itu juga dihasilkan oleh perusahaan automotif reguler.

Berikut 10 motor tempur terbaik yang dikutip dari Visordown: (lanjutan)

4. Harley Davidson/Armstrong-CCM MT350/MT500

Armstrong MT500 yang kemudian diberi nama MT350 merupakan motor tempur modern. Lalu Harley Davidson mendapatkan lisensi untuk membangunnya menggunakan mesin 350 cc dan dipasarkan menggunakan merek motor Milwaukee, Amerika Serikat, itu.

Desainnya menggunakan basis Armstron-CCM. Meski digunakan untuk motor militer, namun motor ini juga bisa didapatkan untuk penggunaan sipil.

3. Husqvarna 258 A

Motor Husqvarna sudah digunakan oleh militer Swedia selama lebih dari 30 tahun. Husqvarna sendiri sudah memproduksi 3.000 motor militer sejak awal. Alasannya, motor-motor berkapasitas 250 cc Husqvarna tangguh dan perawatannya tidak sulit.

Penggunaannya pun simple dengan sistem transmisi gearbox otomatis, sepeti pada model 258 A. Karena itu tidak perlu latihan khusus untuk mengendarainya serta semua kalangan militer bisa menggunakannya. Bahkan militer Swedia juga memodifikasinya dengan roda ski sehingga Husqvarna 258 A bisa digunakan di salju.

2. Norton WD16H

Siapa penggila roda dua klasik yang tidak kenal dengan Norton. Produsen asal Inggris itu juga memasok motor-motor untuk militer. Puluhan ribu model WD16H, pesanan khusus untuk militer dari versi reguler 16H, sudah dipesan militer Inggris sejak 1930-an. Perannya sangat dirasakan saat Perang Dunia II. Tak heran jika Norton WD16H menjadi andalan di medan tempur.

Selain itu, militer Inggris juga menggunakan Royal Enfield Flying Flea, James ML, dan BSA M20.

1. Harley Davidson WLA

Harley Davidson WLA disebut-sebut sebagai motor perang paling elegan. Meski untuk perang, namun tampilannya cukup stylish. Penggunaan warna bodi hijau doff serta bahan kulit pada jok, post bag, dan sarung senapan, membuat tampilannya sekilas sebagai motor berburu.

Hampir 100 ribu unit Harley Davidson WLA yan diproduksi, sepertiganya dijual ke militer Rusia. Motor ini tak hanya diandalkan saat Perang Dunia II, namun juga pada Perang Korea pada 1950-an.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini