Share

Ditaksir Laku Rp240 M, Jaguar Ini Jadi Mobil Buatan Inggris Termahal

Anton Suhartono, Okezone · Senin 20 Februari 2017 07:51 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 19 15 1622352 ditaksir-laku-rp240-m-jaguar-ini-jadi-mobil-buatan-inggris-termahal-ZbCnLaH4lN.jpg Salah satu dari 16 unit Jaguar XKSS akan dilelang bulan depan di Florida (Gooding & Company)

FLORIDA - Satu unit Jaguar klasik XKSS akan memecahkan rekor sebagai mobil buatan Inggris termahal dalam sejarah saat dilelang pada bulan depan. Mobil buatan 1957 itu ditaksir bakal terjual USD18 juta atau sekira Rp240 miliar.

Salah satu faktor yang membuat nilainya tinggi adalah mobil tersebut merupakan satu dari 25 unit yang pernah diproduksi Jaguar. Pemilik terakhir yang tidak disebutkan identitasnya membeli mobil ini terakhir pada tahun 2000.

Model XKSS pertama kali diproduksi pada 1956 ketika Jaguar memutuskan untuk rehat dari dunia balap. Prorusen mobil mewah Inggris itu ingin fokus membuat mobil model produksi.

Meski demikian XKSS tak kehilangan aroma balapnya. Mobil ini sebenarnya dibuat menggunakan basis D-Type, jawara ajang balap ketahanan D-Type.

"Mobil sport yang terkenal ini mewarisi performa D-Type yang gesit dan dinamis serta dikombinasikan dengan desain yang seksi," kata David Gooding, president and founder Gooding & Company, seperti dikutip dari MailOnline.

Sebuah majalah automotif pernah menjajal mobil ini. Dari situ diketahui, akselerasi XKSS dari posisi diam ke 96 kilometer per jam dicapai dalam 5,2 detik. Sementara top speed-nya 238 km/jam.

Pada 12 Februari 1957, kebakaran melanda pabrik Jaguar British Browns Lane di Coventry. Sembilan unit XKSS yang sedang dalam proses produksi ludes terbakar. Sehingga hanya 16 unit yang terkirim ke konsumen.

Sementara model yang akan dilelang tersebut pertama kali jatuh ke tangan seorang warga Montreal, Kanada. Setelah itu sempat berpindah tangan ke warga Amerika Serikat dan kembali lagi ke Inggris.

Pada 10 Maret mobil ini akan dilelang oleh Gooding & Company di Pulau Amelia, Florida, Amerika Serikat. Penyelenggara lelang memprediksi XKSS akan laku dengan harga antara USD16 juta sampai USD18 juta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini