Share

Mobil Kepresidenan AS, Limusin yang Menggunakan Sasis Truk

Anton Suhartono, Okezone · Jum'at 20 Januari 2017 22:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 20 15 1597001 mobil-kepresidenan-as-limusin-yang-menggunakan-sasis-truk-npz5hkX8gs.jpg (Autoweek)

JAKARTA - Cadillac, merek di bawah General Motors, selalu identik dengan Limusin Kepresidenan Amerika Serikat. Namun ternyata tidak semua bagian mobil berjuluk 'The Beast' itu menggunakan produk Cadillac.

Spesifikasi limusin kepresidenan, baik dari sisi fitur keaman dan teknologi, terus mengalami pembaruan dari generasi ke generasi. Namun setidaknya penggunaan komponen dari merek selain Cadillac terjadi hingga limusin yang digunakan oleh Barack Obama.

Sasis, mesin diesel, serta sistem transmisi The Beast menggunakan teknologi yang digunakan pada kendaraan komersial truk Chevrolet Kodiak.

Tak heran jika The Beast cukup tinggi untuk ukuran sebuah limusin. Hal ini terlihat jelas dari foto, ketinggian mobil ini hampir sama dengan Barack Obama.

Soal penggunaan mesin diesel juga punya alasan tersendiri. Selain diesel merupakan jenis mesin yang lazim digunakan pada truk atau kendaraan berbobot berat, ternyata bahan bakar yang digunakannya, solar, juga lebih aman dibandingkan bensin.

Solar memiliki volatility atau kemampuan menguap lebih mudah dibandingkan bensin. Hal ini bisa mengurangi risiko ledakan pada kendaraan akibat serangan atau kecelakaan. Selain itu solar merupakan bahan bakar yang mudah didapat di negara mana pun.

Selain itu, penggunaan mesin diesel juga untuk menyesuaikan bobot The Beast yang sangat berat. Mobil ini menjadi sangat berat karena dilengkapi dengan pelat tebal di bodi, pintu, dan bawah kendaraan untuk menangkal serangan senjata. Bahkan bobot pintunya saja sama dengan berat pintu pesawat Boeing 757.

The Beast hanya bisa melaju dengan kecepatan maksimum 96 kilometer per jam. Akselerasi dari 0-96 km/jam harus dicapai dalam waktu 15 detik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini