Share

TOP AUTOS: Mobil Paling Rentan Dicuri dan Defogger Aman Dilapisi Kaca Film

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 09 Desember 2016 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 09 15 1563380 top-autos-mobil-paling-rentan-dicuri-dan-defogger-aman-dilapisi-kaca-film-10CvjGnjsG.jpg Tombol start/stop (BMWblog)

JAKARTA - Top Autos hari ini, Jumat (9/12/2016), ada dua yaitu mobil dengan tombol Start/Stop rentan dicuri dan kaca mobil yang dilengkapi defogger tak masalah dipasang lapisan film

Dimulai dari mobil dengan tombol Start/Stop. Belum lama ini, biro kejahatan Amerika Serikat atau National Insurance Crime Bureau (NICB) melakukan penelitian terhadap tombol Start/Stop pada mobil. Hasilnya sangat mengejutkan, mobil dengan fitur tersebut sangat rentan dicuri.

Dalam penelitiannya, NICB menggunakan alat yang mereka sebut ‘mystery device’. Alat tersebut digunakan untuk mengambil sinyal kunci mobil dari jarak 3 meter. Sinyal kemudian ditransfer ke ‘relay box’ berukuran kecil yang dapat digunakan untuk membuka dan menghidupkan mesin mobil.

Juru bicara NICB, Roger Morris mengatakan, "Uji coba sistem ini dilakukan ke 35 merek mobil dari model dan lokasi yang berbeda-beda, termasuk diler mobil baru dan bekas. Semua dikerjakan di wilayah Chicago selama dua minggu. Hasilnya 19 unit mobil bisa dibuka dan 18 unit bisa dikendarai.”

Morris menyarankan perlunya pabrikan mobil memastikan teknologi yang mereka miliki tidak bisa diretas. Selain itu, pemilik mobil wajib menjaga barang bawaan dan jangan sekali-kali meninggalkan barang berharga di mobil.

Sementara itu, terkait kaca mobil yang sudah dilengkapi dengan defogger aman apabila pemilik mobil melapisinya dengan kaca film.

Direktur PT Maxpro Adi Perkasa Andre Susanto mengatakan, meski lapisan film dipasang di bagian dalam kaca tetap tidak akan menggangu fungsi defogger.

"Saat dipasangi kaca film, enggak ada masalah. Bisa dipasang dan enggak akan ganggu fungsi defogger-nya," kata dia.

Dirinya menjelaskan defogger bermanfaat ketika mobil berada di suhu dingin. Defogger berfungsi untuk mengurangi kabut.

Defogger menggunakan sistem elektronik. Saat diaktifkan, aliran listrik akan memberi energi panas ke permukaan kaca sehingga kabut tidak akan menempel. Untuk mengaktifkannya, bisa dilakukan dengan cara menekan tombol di dasbor. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini