Share

Cara Mengemudi yang Benar agar Mobil Irit Bahan Bakar

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 09 Desember 2016 08:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 08 15 1562420 cara-mengemudi-yang-benar-agar-mobil-irit-bahan-bakar-3xGFA2WDjC.jpg Ilustrasi eco driving (Foto: Lastormwater)

BANDUNG - Mobil dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang sedikit atau dikenal juga dengan sebutan irit menjadi dambaan semua orang. Tidak sedikit orang yang langsung menyalahkan mesin mobil karena konsumsi bahan bakarnya terlalu berlebih atau boros. Padahal, banyak faktor yang bisa menyebabkan mobil jadi irit atau tidak, salah satunya cara pengemudi membawa mobil. 

Sugihandi, trainer Nissan College PT Nissan Motor Indonesia (NMI), ada banyak cara agar mobil irit bahan bakar. Berikut ini uraian singkatnya:

1. Hindari Kelebihan Beban

Hal yang satu ini harus dihindari karena semakin banyak beban di mobil, artinya kerja mesin juga semakin berat. Hal ini otomatis akan membuat bahan bakar minyak yang dibutuhkan semakin banyak. Sugihandi mencontohkan prinsipnya sama seperti naik sepeda, lebih enak sendiri ketimbang berboncengan. Sebab, ketika berboncengan dibutuhkan tenaga lebih untuk mengayuh sepeda.

"Sama seperti mobil, begitu overload jangan pernah bicara eco drive (cara mengemudi yang lebih ekonomis dan ramah lingkungan)," terang dia.

2. Akselerasi Secara Halus

Ini adalah basic teknik dari eco drive. Saat mobil mulai melaju, pengemudi harus menginjak gas secara halus. Khusus mobil transmisi manual, pengemudi akan sering ganti gigi. Jangan pernah main setengah kopling, karena begitu injak setegah kopling, tenaga mesin akan terbuang secara otomatis juga akan membuang bahan bakar.

Sedangkan untuk mobil bertransimsi otomatis dengan CVT, pengemudi harus menginjak gas secara berurutan dan sesuaikan dengan kondisi jalan raya. Putaran mesin cukup ditahan di sekira 2.000 rpm.

3. Pertahankan Kecepatan

Semakin konstan kecepatan, bahan bakar semakin irit. "Karena pada saat menambah kecepatan tadinya kecepatan 100 km/jam menjadi 130 km/jam butuh bahan bakar banyak. Kenapa? Karena bobot mobil dan beban angin harus dilawan sehingga mesin bekerja lebih keras," jelas Sugihandi.

4. Engine Brake

Selalu gunakan engine brake ketika situasi memungkinkan. Engine brake bekerja secara otomatis. Lepaslah kaki dari pedal gas ketika mobil dalam keadaan berjalan. Efeknya, laju mobil sedikit demi sedikit akan melambat, sehingga tidak perlu menginjak rem lagi, tapi semua itu tergantung dengan kondisi jalan raya. Apabila sedang padat, pengemudi akan cukup sulit mengaplikasikan engine brake ini.

"Makin sering digunakan bisa hemat bahan bakar," katanya.

5. Penggunaan Pendingin Suhu Kabin (AC)

AC menggunakan kompresor, semakin lama kompresor hidup, bahan bakar otomatis akan tersedot lebih banyak. Sugihandi menjelaskan, "Agar kompresor tidak hidup terus, caranya cukup temperaturnya itu enggak perlu digeser sampai maksimal. AC itu ada dua, ada yang blower yang enggak ngaruh sama konsumsi bahan bakar, yang pengaruh itu thermo switch. Kalau di posisi off kompresor akan mati tidak pernah hidup sebaliknya bila di posisi on dia selalu menyala. Idealnya disesuaikan, jangan sampai geser ke maksimal, pada saat temperatur di posisi rendah ada jeda kerja kompresornya, jeda ini membantu jarak setiap bahan bakar."

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

6. Tutup Jendela

Sebaiknya tutup jendela saat kecepatan tinggi. Sebab jika dibuka, angin akan masuk ke dalam dan dapat menghambat laju mobil. Semakin besar angin yang masuk, semakin besar pula menghambat laju mobil. "Itu makanya diwajibkan menutup kaca pada kecepatan tinggi. Kira-kira 60 km/jam ke atas," beber Sugihandi.

7. Kontrol

Satu hal yang haram dilakukan yakni saat eco drive bertindak agresif di jalan raya. Sebab saat bertindak agresif, kaki kanan akan menginjak pedal gas secara tidak teratur. "Eco drive itu ternyata 50% mindset. Bisa enggak emosi dikendalikan supaya saat ngegas mobil santai, tenang, ini makanya perlu latihan untuk eco drive," pungkas dia. (san)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini