Share

ASEAN NCAP Ungkap Hasil Uji Tabrak Navara dan Sienta

Santo Evren Sirait, Okezone · Jum'at 09 Desember 2016 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 08 15 1562390 asean-ncap-ungkap-hasil-uji-tabrak-navara-dan-sienta-4QWdhnZ8Pl.jpg Nissan Navara (Paultan)

KUALA LUMPUR - Lembaga pengujian mobil-mobil baru di Asia Tenggara atau ASEAN NCAP, belum lama ini merilis data terbaru hasil uji tabrak Nissan Navara dan Toyota Sienta. Keduanya mendapat predikat yang sangat memuaskan yaitu lima bintang. Itu artinya, kedua mobil yang berbeda bentuk itu memiliki tingkat keselamatan terbaik.

Dimulai dengan Navara, setelah melalui dua putaran pengujian, pikap satu ini memperoleh rating lima bintang. Lebih detail lagi, ASEAN NCAP membeberkan untuk kategori perlindungan penumpang dewasa (adult occupant protection/AOP) nilainya 14,44 poin dari maksimal 16 poin. Terjadi peningkatan nilai dibandingkan uji tabrak yang dilakukan pada Maret yaitu 12,34 poin.

Sedangkan pada kategori perlindungan penumpang anak-anak (child occupant protection/COP), Navara juga memperoleh nilai yang lebih baik. Jika pengujian sebelumnya meraih nilai kepatuhan 37%, sekarang menjadi 61%. Navara yang diuji tabrak sudah dilengkapi dengan tiga airbag, dua di depan dan satu lagi tepat di dekat lutut pengemudi.

Sesuai dengan aturan ASEAN NCAP, hanya mobil yang sudah dilengkapi dengan electronic stability control (ESC) dan sistem pengingat menggunakan sabuk pengamanan yang dapat menerima lima bintang. Dengan begitu, hanya Navara varian 2.5 S MT saja yang mendapat empat bintang, karena tidak dibekali ESC.

Toyota Sienta juga menerima lima bintang. Pada kategori AOP, mobil berbentuk kotak itu mampu mencetak nilai 15,26 poin dari maksimal 16 poin. Sedangkan pada kategori COP, Sienta memperoleh nilai kepatuhan 74%. Sama seperti Navara, hanya Sienta yang dilengkapi dengan fitur ESC saja yang mendapat lima bintang, di luar itu hanya empat bintang. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini