Share

Upaya General Motors Cegah Kematian Anak di Mobil

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 07 Desember 2016 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 07 15 1560956 upaya-general-motors-cegah-kematian-anak-di-mobil-lKB5bOeCaT.jpg Fitur rear seat reminder (Autoguide)

WASHINGTON DC - General Motors (GM), perusahaan automotif multinasional yang bermarkas di Michigan, Amerika Serikat (AS) merasa prihatin dengan banyaknya kasus orangtua meninggalkan anaknya di dalam mobil karena lupa dan disengaja. Untuk mencegah hal tersebut terulang kembali, saat ini GM tengah mengembangkan teknologi baru. Fungsinya untuk mengingatkan orangtua atau pengemudi memeriksa jok belakang sesaat sebelum meninggalkan mobil.

Sebagaimana diberitakan Autoguide, Rabu (7/12/2016), teknologi yang diberi nama fitur Rear Seat Reminder ini bertujuan untuk mengurangi kematian anak karena tertinggal di dalam mobil. Menurut GM, setidaknya 39 anak meninggal karena kepanasan di dalam mobil akibat ditinggal sendirian dan tanpa pengawasan. Terjadi peningkatan sebesar 60% dibanding tahun lalu.

"Fitur Rear Seat Reminder dari GM merupakan langkah awal untuk menggunakan teknologi yang dapat membantu mengingatkan pengemudi untuk memeriksa kursi belakang sebelum meninggalkan kendaraan dalam kondisi tertentu. Kami ingin membantu semua orang untuk membuat pekerjaan semakin mudah. Chevrolet, Buick, GMC, dan Cadillac akan menawarkan Rear Seat Reminder di berbagai kendaraan mulai dari mobil kecil, SUV, dan lainnya," kata Jeff Boyer, Vice President of GM Global Vehicle Safety.

Fitur Rear Seat Reminder akan mulai disematkan pada GMC Acadia terbaru model 2017. Mobil lainnya yang akan menggunakan fitur ini adalah Buick Lacrosse, Cadillac Escalade, Escalade ESV, Cadillac CT6, Chevrolet Cruze, Cruze hatchback, Chevrolet Malibu, Chevrolet Tahoe, Chevrolet Suburban, Chevrolet Silverado, Chevrolet Colorado, GMC Yukon, Yukon XL, GMC Sierra, dan GMC Canyon. Semuanya datang sebagai model 2017.

Sedangkan model 2018 ada Cadillac XT5, Cadillac CTS, CTS-V, Cadillac ATS, serta Chevrolet Equinox. Model 2018 lainnya akan segera diumumkan di kemudian hari.

Sebelum GM, sudah ada fitur serupa yang dikeluarkan oleh aplikasi navigasi Waze. Fungsinya kurang lebih sama, yaitu mengingatkan pengemudi untuk tidak meninggalkan anaknya di dalam mobil. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini