Share

Men-charge Aki yang Tekor Tidak Direkomendasikan

Pius Mali, Okezone · Rabu 07 Desember 2016 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 07 15 1560921 men-charge-aki-yang-tekor-tidak-direkomendasikan-jn5OK8NJfg.jpg Pengecasan aki basah maupun kering bisa dilakukan, meski demikian hal tersebut tidak direkomendasikan (Okezone)

JAKARTA - Saat tenaga listrik aki motor habis, pemilik kendaraan bisa memanfaatkan jasa isi ulang (charging) yang banyak ditawarkan bengkel di pinggir jalan. Pengecasan bisa dilakukan pada model aki basah maupun kering.

Dedy Ismanto, product manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia, mengatakan men-charge aki tidak masalah dilakukan di mana saja asal prosesnya terjamin.

"Sebenarnya charge aki bisa dilakukan, tapi tidak akan kembali ke posisi terbaiknya. Jika diukur pakai alat khusus aki, maka angkanya tidak akan sama," ujar Dedy, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, men-charge aki kering, cair, maupun gel di bengkel yang kurang berpengalaman, berpotensi merusak aki karena tidak diketahui bagaimana prosesnya. Tak heran jika hasilnya aki hanya bertahan sebentar. Ia pun menyarankan agar pemilik sepeda motor melakukan pengecekan di bengkel terpercaya.

Mengisi ulang aki bisa dilakukan dengan menyambungkan kutub positif charger dengan kutup positif aki, dan kutub negatif dipasangkan pada kutub negatif sisi lainnya. Pengisian ulang sebaiknya menggunakan arus yang sesuai dengan spesifikasi pada aki itu sendiri.

Pengisian ulang dengan arus yang lebih besar membuat aki cepat penuh, namun bisa mengakibatkan aki menjadi lebih cepat mati. Sementara men-charge aki dengan arus lebih kecil akan memakan waktu lama, namun daya tahannya bisa lebih kuat.

Hal lain yang perlu diperhatikan saat melakukan pengisian ulang adalah waktunya, tidak boleh terlalu cepat atau terlalu lama. Pada model aki tertentu sudah dilengkapi dengan sistem pemutus arus otomatis yang menggunakan relay. Sehingga, saat arus aki telah penuh secara otomatis akan menghentikan pengisian.

"Daya tahan tentu akan lebih rendah dari aki sebelumnya. Jadi memang tidak kami rekomendasikan," pungkas dia.(mli)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini