Share

Skuter Listrik ITS 'GESITS' Dijajal Jakarta-Bali 7-13 November

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 28 Oktober 2016 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 28 15 1526883 skuter-listrik-its-gesits-dijajal-jakarta-bali-7-13-november-kV32o8AjvQ.jpg Menristek Dikti M Nasir menjajal skuter listrik GESITS (Foto: Nurul/Okezone)

SURABAYA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir menegaskan skuter listrik buatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), GESITS, akan diproduksi pada awal 2017. Skuter tersebut akan diuji coba pada Dies Natalis ITS pada 7-13 November 2016.

Nasir mengatakan untuk mendukung produksi massal GESITS, pihaknya akan mengalokasikan anggaran Rp5 miliar untuk sertifikasi kelayakan produk.

"Kedatangan kami di sini ingin dorong produk inovasi ITS masuk industri. Untuk motor listrik ini sudah ada investor yang siap memproduksi massal, Garasindo. Jadi hasil penelitian akan diproduksi massal supaya bisa dimanfaatkan masyarakat," jelas Nasir, Kamis 27 Oktober 2016.

Sekira 100 ribu unit GESITS akan diproduksi pada tahap awal. Rencananya, pada pertengahan tahun 2017 GESITS akan dipasarkan.

"Prinsip dari produksi massal adalah harga yang kompetitif, terdapat spare part yang mudah didapat, tempat penjualan, tempat pengisian baterai," ungkapnya.

Ia berharap GESITS mampu bersaing dengan motor bermesin konvensional. Untuk kota-kota besar, keberadaan sepeda motor listrik cukup membantu mengurangi polusi akibat emisi gas buang.

"Sangat potensial untuk kota besar. Ini akan diuji coba Jakarta-Bali. Harapannya Presiden bisa melepas," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini