Share

Empat Tips Memilih Jas Hujan

Pius Mali, Okezone · Kamis 27 Oktober 2016 16:51 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 27 15 1526148 empat-tips-memilih-jas-hujan-KThUggbeHN.jpg Empat hal yang harus diperhatikan pemotor soal jas hujan (Okezone)

JAKARTA - Di musim hujan, jas hujan jadi perlengkapan wajib yang dibawa para bikers. Dengan begitu, hujan tidak akan menghambat perjalanan ke tempat aktivitas atau pulang dari kantor. Namun ada saja pengguna motor yang menganggap jas hujan dari sisi fungsinya saja, yakni melindungi dari air. Padahal ada aspek keamanan dan kenyamanan yang perlu diperhatikan.

Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan saat hendak memilih jas hujan yang baik:

1. Pilih jenis jas hujan yang aman

Jas hujan tersedia dalam tiga jenis, yakni ponco, overcoat (model mantel/jaket), dan training (terdiri dari jaket dan celana/two pieces). Untuk biker disarankan menggunakan model training karena menyesuaikan bentuk badan, sementara model ponco dan overcoat dengan desain lebar berisiko tersangkut di ban motor atau pengguna jalan lain.

2. Perhatikan ukuran jas hujan

Usahakan pilih jas hujan yang berukuran lebih besar satu level dari ukuran pakaian yang biasa kita pakai. Hal ini lantaran jas hujan dipakai untuk melapis baju dan celana. Selain itu, ukuran yang lebih besar membuat nyaman ketika dipakai dan mencegah terjadinya sobek.

3. Pilih bahan penolak air yang baik

Disarankan memilih jas hujan yang menggunakan bahan PVC daripada parasut. Bahan PVC lebih tebal dan lebih rapat pori-porinya sehingga air tidak merembes. Lapisan filament sebagai penangkal air juga lama-kelamaan rontok. Perhatikan juga bagian resleting dan jahitan pada jas hujan karena tempat tersebut biasa menjadi lokasi merembesnya air hujan.

4. Pilih berwarna terang

Saat hujan jarak pandang menurun. Karenanya pilih jas hujan berwarna terang atau minimal memiliki stiker hologram yang “menyala” jika terkena sinar lampu untuk memberi tanda kepada penguna kendaraan lainnya.

Perlu diingat bahwa jas hujan hanya bersifat sementara untuk mencegah dari basah. Saat hujan terlalu deras dan daya pandang menurun, sebaiknya pengendara motor mencari tempat aman untuk berteduh. Keselamatan lebih penting.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini