Share

Empat Langkah Merawat Busi agar Awet

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 26 Oktober 2016 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 25 15 1524371 empat-langkah-merawat-busi-agar-awet-S7xDCipndK.jpg Ilustrasi membersihkan busi (Timeincuk)

JAKARTA - Busi merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, sehingga Anda harus rajin memeriksanya. Di samping itu, pemilik kendaraan juga harus merawat busi agar kinerjanya tetap maksimal dan awet.

Merawat busi kendaraan merupakan pekerjaan yang bisa dibilang cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah memperlakukan busi. Diko Oktaviano, technical support PT NGK Busi Indonesia, membeberkan empat langkah merawat busi. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Cleaning

Gunakan sikat nonmetal untuk membersihkan busi. Jangan menggunakan sikat kawat untuk membersihkannya.

2. Blowing

Buang sisa hasil penyikatan dengan angin bertekanan agar tidak ada sisa yang tertinggal.

3. Handling

Tempatkan busi dengan posisi horizontal jangan vertikal, sebab dapat mengubah gap elektroda yang sudah standar.

4. Perhatikan Celah

Selalu perhatikan celah busi sesuai dengan standar atau tidak, jika tidak maka perlu diganti.

Di samping harus merawatnya, pemilik kendaraan juga disarankan mengganti busi setiap 8 ribu sampai 10 ribu kilometer. Itu saja belum cukup, ganti pula kabel busi bila sudah terlihat retak atau sobek. Sebab, kabel busi juga memengaruhi kinerjanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini