Share

Rambu-Rambu Penting dalam Mencuci Motor

Pius Mali, Okezone · Senin 24 Oktober 2016 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 24 15 1523091 rambu-rambu-penting-dalam-mencuci-motor-gtsFk3cjxS.gif Meski membuat tampilan kinclong, mencuci sepeda motor juga memiliki risiko (Kleen-ritecorp)

JAKARTA - Mencuci motor biasanga lebih sering dilakukan di musim hujan. Jika motor tidak terlalu kotor biasanya dilakukan sendiri oleh pemilik di rumah. Namun jika kondisi motor kotor sekali pemilik menggunakan jasa pencucian menggunakan steam.

Meski membuat tampilan sepeda motor menjadi bersih dan kinclong, namun ternyata sering-sering mencuci motor berisiko merusak komponen mesin.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyuci sepeda motor:

1. Perhatikan peralatan untuk mencuci. Siapkan spon, sikat halus, sabun cuci khusus, serta dua lap. Meski sederhana, peralatan ini membantu membersihkan dan mencegah adanya lecet atu rusak saat mencuci. Spon dipakai untuk menyabuni motor dan komponen yang terjangkau tangan, sementara sikat membantu memberishkan sela-sela kecil. Lap basah untuk membilas bekas sabun dan yang satu lagi dipakai untuk mengeringkan.

2. Tunggu bagian mesin hingga dingin. Tak banyak motor yang memiliki pelindung mesin. Karenanya saat mencuci motor, pastikan tidak sehabis perjalanan jauh atau saat suhu mesin masih panas. Jika blok masih panas lalu disiram air maka mesin atau komponen motor yang terbuat dari logam bisa meregang terlalu cepat.

3. Cukup membersihkan motor menggunakan air yang mengalir dari selang. Bukan berarti tak boleh mencuci dengan air bertekanan tinggi, tetapi ini dilakukan untuk mencegah kerusakan pada komponen-komponen sepeda motor saat terkena tekanan air tadi, apalagi jika air ditembakkan ke sistem pembakaran.

4. Jangan parkir motor di bawah terik matahari usai dicuci. Setelah memandikan motor usai, keringkan menggunakan lap lembut. Selain itu hindari memarkirnya di tempat yang terkena matahari langsung untuk mencegah timbulnya bintik-bintik air di bodi atau komponen lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini