Share

Pengemudi Perempuan Lebih Mudah Marah Ketika di Balik Kemudi

Santo Evren Sirait, Okezone · Sabtu 22 Oktober 2016 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 21 15 1521505 pengemudi-perempuan-lebih-mudah-marah-ketika-di-balik-kemudi-Atkd0xU6un.jpg Ilustrasi pengemudi perempuan (Motor1)

LONDON - Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Hyundai terhadap 1.000 pengemudi di Inggris menemukan hasil yang sangat mengejutkan. Di mana pengendara perempuan 12 persen mudah marah daripada laki-laki pada saat berada dibalik kemudi. Naluri perempuan membuat mereka bereaksi lebih agresif ketika mengahadapi suatu masalah di jalan.

Dari hasil penelitian tersebut juga terjawab bahwa 14 persen pengendara perempuan sering melakukan tindakan fisik seperti menendang, berteriak, sampai membunyikan klakson. Skenario penelitian meliputi indra pendengaran untuk mengukur emosi ketika mereka mendengar suara klakson, penciuman, penglihatan, sentuhan, dan rasa.

Pemimpin penelitian sekaligus psikolog dari Universitas Goldsmiths, London menjelaskan, "Teori evolusi menunjukkan nenek moyang perempuan harus menghindari rasa takut ketika ada bahaya apa pun yang mengancam mereka dan anak-anak mereka demi mempertahankan gua (tempat tinggal) jika kaum pria sedang berburu. Itu sistem peringatan dini insting masih relevan saat ini, dan pengemudi perempuan cenderung lebih sensitif terhadap rangsangan negatif, sehingga mudah marah dan frustrasi," katanya sebagaimana dikutip dari Motor1.

Hasil penelitian juga menemukan dua emosi yang berbeda yaitu rasa bahagia ketika diberi kebebasan dalam mengemudikan mobil dan marah ketika pengemudi yang merasa diluar kendali. Sebanyak 51 persen responden subyek mengatakan bahwa rasa kebebasan menjadi alasan mereka suka mengemudi, sementara 19 persen mengatakan bahwa menggunakan mobil karena memiliki mobilitas tinggi.

Data penelitian yang sudah terkumpul akan digunakan untuk mengembangkan Test Driver Emotion, yang mengukur respons fisik terhadap berbagai rangsangan. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini