Share

Rolls-Royce Klasik Terinspirasi dari Ratu Prancis Ini Ditaksir Laku Rp11 M

Anton Suhartono, Okezone · Sabtu 22 Oktober 2016 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 21 15 1521147 rolls-royce-klasik-terinspirasi-dari-ratu-prancis-ini-ditaksir-laku-rp11-m-ifOSlBLKV0.jpg Rolls-Royce 1926 dengan desain jok terinpisari dari Marie Antoinette akan dilelang (Bonhams)

LONDON - Sebuah mobil klasik Rolls-Royce produksi tahun 1926 akan dilelang oleh Bonhams. Mobil ini ditaksir terjual dengan harga 700 ribu poundsterling atau sekira Rp11 miliar (kurs 1 poundsterling=Rp15.985).

Mobil Rolls-Royce Phantom I ini awalnya dibeli oleh Direktur Keuangan Woolworths, Clarence Gasque, sebagai hadiah untuk istrinya, Maude. Desain interiornya terinspirasi dari bangku kendaraan yang digunakan Ratu Prancis Marie Antoinette. Demikian dikutip dari MailOnline.

Untuk memastikan sang istri suka dengan mobil itu, Gasque mengubah kursi sofa belakang dengan menggunakan bahan sangat eksklusif. Bahkan, harga kursi tersebut lebih mahal dari harga rata-rata rumah saat itu.

Untuk memodifikasi interior mobil, Gasque memercayakan kepada builder Charles Clark di Wolverhampton. Untuk mendesain mobil itu, sang pemimpin proyek, Barnett, mengunjungi museum Victoria and Albert di London. Di situlah ia mendapati desain tempat duduk mobil yang digunakan Marie Antoinette.

Untuk pengerjaan kursi belakang mobil saja Barnett membutuhkan waktu sembilan bulan dengan memakan biaya 500 poundsterling. Tentunya jumlah tersebut sangat besar di masanya.

Selain kursi istimewa, interior mobil juga dilengkapi dengan fasilitas mewah lainnya, seperti tempat minuman, tempat make up, lampu-lampu mewah, jam beraksen emas dari Prancis, serta aksen kayu pada panel. Dindingnya pun dihiasi lukisan bernilai tinggi.

Mobil yang juga disebut dengan nama Phantom of Love itu selesai dikerjakan dalam 10 bulan, tiga kali lipat lebih lama dari mengerjakan satu unit mobil Rolls-Royce dalam kondisi standar. Mobil yang harganya mencapai 6.500 poundsterling (harga saat itu) itu dikirim rumah Gasque dan Maude pada April 2017.

Pasangan tersebut menikmati Phantom of Love selama 1,5 tahun sampai Gasque meninggal di usia 54 tahun. Usai kematian sang suami, Maude mendedikasikan dirinya di bidang perawatan hewan dan menggunakan mobil itu sampai 1937. Sempat telantar sampai 1952, mobil tersebut lalu dijual kepada Stanley Sears, seorang kolektor Rolls-Royce.

Lalu pada pertengahan 1980-an mobil ini kembali berpindah tangan ke seorang kolektor Jepang seharga 1 juta poundsterling. Kemudian sempat berganti pemilik lagi ke kolektor Amerika Serikat pada 2002 lalu kembali ke lagi ke Inggris hingga saat ini.

Lelang akan dihelat pada 4 Desember di Bond Street dengan taksiran harga 500 ribu sampai 700 ribu poundsterling.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini