Share

Recall karena Airbag, Honda Indonesia: Kesadaran Konsumen Masih Kurang

Pius Mali, Okezone · Jum'at 30 September 2016 05:55 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 30 15 1502421 recall-karena-airbag-honda-indonesia-kesadaran-konsumen-masih-kurang-NddoSSSfex.jpg Perlu dilakukan beragam cara agar pemilik mobil mau membawa kendaraannya untuk di-recall (legalreader.com)

JAKARTA - Beberapa waktu lalu PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan penarikan kembali mobil untuk perbaikan atau recall akibat permasalahan pada airbag Takata.

Jumlah mobil Honda yang terdampak recall di Indonesia tak tanggung-tanggung, yakni mencapai lebih dari 360 ribu unit dari beragam model.

Marketing and Aftersales Service Director PT HPM Jonfis Fandy mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai cara untuk mendorong konsumen membawa mobil mereka ke diler untuk dilakukan perbaikan.

"Kami terus terang, tolong ingatkan konsumen Honda untuk datang. Kami sudah melakukan banyak hal begitu, ya mulai dari release media, direct email, kontak ke mereka, dan mengumumkan di website. Banyak hal yang sudah dilakukan tapi mungkin konsumen belum dengar," ujar Jonfis, di Jakarta, kemarin.

Ia pun meminta kesadaran konsumen untuk mendukung program recall. Langkah ini dilakukan untuk mencegah jatuhnya korban.

"Mudah-mudahan jangan (korban Jiwa), makanya kami terus bicara. Recall sudah dilakukan dua tahun ini saja, responsnya masih kurang. Kalau dipersentese, sudah plus-minus 15 persen," tambah dia.

Recall yang dilakukan HPM ini sebagai tindak pencegahan terhadap kemungkinan airbag produksi Takata mengembang secara berlebihan disertai lontaran benda logam yang bisa mengenai kepala, leher, atau dada pengemudi dan penumpang depan. Atau, bisa juga airbag tidak mengembang sebagaimana mestinya saat terjadi benturan.

Permasalahan pada airbag sudah menewaskan 14 orang di seluruh dunia, empat di antaranya terjadi di Malaysia dan 10 di Amerika Serikat. Selain itu, ratusan orang mengalami luka.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini