Share

Tiga Tips Memakai Helm yang Baik dan Benar

Kamis 29 September 2016 22:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 29 15 1502232 tiga-tips-memakai-helm-yang-baik-dan-benar-2Pgc7EcNEe.jpg Helm (Foto: Ilustrasi/Queenrides)

JAKARTA - Jangan pernah merasa terpaksa mengenakan helm ketika mengendarai sepeda motor. Helm adalah pengaman dan pelindung utama untuk kepala.

Mengapa harus mengamankan kepala? Sebab di kepala terdapat otak yang merupakan pusat pengatur saraf seluruh tubuh.

Mungkin helm dianggap bisa merusak tatanan rambut atau jilbab yang dikenakan, namun Anda harus ingat kecelakaan bisa terjadi di mana saja. Lebih baik menata ulang rambut dan jilbab ketika sampai di tujuan daripada menggunakan helm asal-asalan dan merisikokan kepala.

Berikut ini tiga tips menggunakan helm, seperti dikutip dari Queenrides, Kamis (29/9/2016):

1. Pilih helm berstandar SNI. Biasanya helm tersebut sudah menjalani tes sebelum di lepas ke pasaran.

2. Cari ukuran helm yang pas dengan kepala. Helm yang aman adalah yang tidak bergoyang-goyang atau longgar saat dipakai. Gelengkan kepala ke kiri dan ke kanan untuk memastikan helm tidak longgar.

3. Pastikan tali helm tidak terlalu panjang, tapi tetap nyaman saat digunakan, dan selalu dalam keadaan terkunci sebelum mulai berkendaraan. Kunci tali helm harus dalam keadaan baik sehingga tetap terkunci erat saat terhempas. Bila tali terlalu panjang dan helm tidak terkunci maka bila terjadi kecelakaan helm bisa dengan mudah terlepas dari kepala.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini