Share

Gus Ipul: GIIAS Surabaya 2016 Berperan Buka Lapangan Kerja Baru

Nurul Arifin, Okezone · Rabu 28 September 2016 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 28 15 1500817 gus-ipul-giias-surabaya-2015-berperan-buka-lapangan-kerja-baru-NAlYI5XmkP.JPG Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan pameran automotif lokal seperti GIIAS 2016 menjadi tolok ukur pasar automotif Jatim (Okezone)

SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2016 di Grand City Convex, Jalan Walikota Mustajab, Rabu (28/9/2016).

Menurut Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf, pameran ini sangat penting untuk mendongkrak industri automotif Jawa Timur.

"Ini bisa menjadi tolok ukur pasar automotif di Jawa Timur. Meskipun hanya digelar lima hari namun bisa membuka lapangan kerja baru," kata Gus Ipul.

Ia menambahkan, industri automotif di Jawa Timur sedang bergairah. Terlebih lagi, kini sudah banyak mobil yang diproduksi menggunakan 80 persen komponen lokal. Dengan begitu masyarakat berkesempatan mendapatkan produk dengan harga lebih murah.

Tak cuma itu, hal ini membuka peluang menggairahkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jawa Timur untuk menyuplai komponen kepada pabrikan automotif.

"Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat mendukung upaya ini untuk meningkatkan gairah industri kecil,” ungkapnya.

Bersamaan dengan GIIAS Surabaya juga digelar Jatim Otomotif Festival. Menurut Gus Ipul, ajang ini sangat positif untuk mempertemukan steakholders di dunia automotif. Mereka bisa saling bertukar informasi terkai perkembangan dunia automotif.

Sementara itu, Sekum Gaikindo Kukuh Kumara mengatakan, Surabaya merupakan kota penting sehingga perhelatan GIIAS menghampiri kota ini. Kota Surabaya memiliki potensi bagi industri automotif karena letak geografisnya sebagai kota penghubung atau perantara dalam distribusi barang automotif.

"Jawa Timur memiliki potensi dan sangat berperan mendorongan industri automotif nasional," tambahnya.

GIIAS Surabaya 2016 ditargetkan mampu mendatangkan 32 ribu pengunjung selama lima hari pameran.

Direktur Seven Event Romi yakin target itu akan tercapai. Apalagi ada beberapa program untuk mempermudah masyarakat mengunjungi GIIAS Surabaya 2016.

"Event GIIAS Surabaya ini juga ada momentum Goverment Day. Bagi PNS yang mengunjungi GIIAS Surabaya 2016 akan berlaku program buy one get one (tiket) dengan menunjukkan kartu identitas PNS asli," kata Romi.

Promo tiket tersebut berlaku selama lima hari pameran. Tak hanya itu, GIIAS Surabaya 2016 juga memberikan kesempatan kepada para pelajar untuk masuk gratis. Selama hari ini dan Kamis 29 September 2016, mereka dapat masuk ke lokasi pameran hanya dengan menunjukkan kartu pelajar.

"Kami berharap ini menjadi pengalaman baru bagi para pelajar untuk menyaksikan pameran automotif berkelas internasional serta menjadi barometer pameran automotif," pungkasnya.




(mli)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini