Share

ANCAP Uji Tabrak Kia Picanto, Ini Hasilnya

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 28 September 2016 09:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 27 15 1500171 ancap-uji-tabrak-kia-picanto-ini-hasilnya-1NFcdrqTdv.jpg Kia Picanto (Paultan)

SYDNEY - Lembaga uji tabrak mobil baru di Australia atau Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) telah merilis hasil uji tabrak terhadap Kia Picanto yang dijual di negara tersebut. Mobil perkotaan ini meraih predikat lima bintang untuk tingkat keselamatan terbaik.

Kia Picanto untuk pasar Australia telah dilengkapi beberapa fitur keselamatan, mulai enam airbag, ESC, ABS, hingga traction control. Fitur yang sama juga terdapat pada Picanto yang dipasarkan di Malaysia. Namun ketika diuji tabrak oleh ASEAN NCAP hanya meraih empat bintang.

ANCAP juga mengungkap bahwa poin yang diraih Picanto yaitu 12,95 dari maksimal 16. Sedangkan versi ASEAN NCAP skornya 12,67.

"Pemicu untuk tes pemeriksaan ini adalah variasi dalam kinerja struktural terlihat pada mobil Picanto yang dijual di Indonesia. Kami ingin mengonfirmasi keabsahan untuk keselamatan konsumen Australia dan Selandia Baru yang mengandalkan informasi ANCAP saat membeli mobil baru," kata James Goodwin, chief executive officer ANCAP, seperti dikutip dari Paultan, Rabu (28/9/2016).

"Skor yang diperoleh dalam tes pemeriksaan masih dalam kisaran lima bintang, akan tetapi penting bagi konsumen untuk sadar akan temuan ini, sehingga mereka dapat membuat keputusan sebelum membeli mobil baru yang diinginkan," tambahnya.

Walaupun mendapatkan lima bintang, bukan berarti penumpang di kabin tidak cedera. ANCAP memberikan sedikit catatan bahwa masih ada risiko cedera yang cukup tinggi pada pengemudi terutama di bagian dada dan kaki. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini