Share

Risiko Terlalu Lama Memainkan Kopling Mobil di Jalan Macet Menanjak

Mufrod, Okezone · Selasa 27 September 2016 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 27 15 1499430 risiko-terlalu-lama-memainkan-kopling-mobil-di-jalan-macet-menanjak-d5wrw8vvLM.jpg Ilustrasi menginjak setengah kopling (wikiho)

JAKARTA - Memiliki kebiasaan menahan kopling setengah saat berada di jalan macet menanjak bisa membuat kampas kopling terbakar.

Rahmat, pemilik bengkel Rahmat Motor, Depok, Jawa Barat, kampas bisa terbakar akibat kopling tidak tertekan oleh pelat. Akibatnya kampas hanya terhubung sedikit saja.

Hal ini yang menjadi penyebab awal kampas kopling selip. Jika terus menahan kopling setengah, kampas kopling yang selip akan panas dan kelamaan menimbulkan bau gosong alias terbakar.

"Perlu diperhatikan, jika kampas kopling sudah terbakar dan dalam kondisi haus akan menyebabkan perpindahan gigi menjadi keras. Kondisi tenaga boyo juga bisa dirasakan saat menanjak," ujar Rahmat.

Ia menambahkan, injak setengah kopling jika memang diperlukan saja, misalnya untuk menjaga agar mobil tidak mati. Setelah melakukan perpindahan gigi, kopling harus cepat dilepas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini