Share

Beberapa Kesalahan Perempuan dalam Mengendarai Motor

Pius Mali, Okezone · Senin 26 September 2016 20:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 26 15 1499146 beberapa-kesalahan-perempuan-dalam-mengendarai-motor-WlPJurBVwd.jpg Perempuan pengendara sepeda motor juga bisa berkendara aman (Okezone)

JAKARTA - Sepeda motor kini digunakan oleh banyak perempuan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Mereka memang bisa mengendarainya, namun masih banyak kesalahan atau belum memahami cara berkendara yang baik dan aman.

"Beberapa kesalahan yang kerap dilakukan perempuan adalah cara pengereman yang salah. Lalu enggak pakai safety gear, sampai kebiasaan pakai sepatu hak tinggi. Ini salah. Saya juga baru tahu ini setelah belajar safety riding, makanya saya mau teman-teman perempuan juga belajar," ujar Juwita, seorang instruktur Safety Riding Yamaha Riding Academy (YRA).

Bikers perempuan, lanjut Juwita, kerap mengabaikan safety gear standar seperti helm, sarung tangan, dan masker. Selain sebagai pelindung badan, alat-alat ini juga mencegah kulit kotor saat berkendara.

"Pakai helm yang benar, masker biar enggak kena debu, lalu sarung tangan juga penting biar kulit enggak hitam. Lalu hindari pakai sepatu hak tinggi. Kalau mau kerja, sepatunya bisa disimpan di bagasi, terus kita pakai sepatu biasa. Karena begini, saya dulu juga sering pakai high heels, cepat pegal dan enggak nyaman bawaannya. Kalau bawa motor kopling lebih lagi, susah ngerem dan mindahin gigi (transmisinya). Kita lagi berkendara bukan jadi model, jadi simpan dulu," tambah perempuan yang juga anggota komunitas Medan NMax Owner (Memo) itu.

Perempuan berusia 53 tahun ini menambahkan, soal berkendara pun perempuan jauh lebih membahayakan ketimbang laki-laki. Salah satunya kerap mengerem mendadak yang bisa membahayakan dirinya dan pengguna jalan di belakangnya.

"Suka ngerem-ngerem terus, buat apa. Itu bikin kampas rem cepat habis. Diatur saja jarak pengeremannya, jangan terlalu dekat, jangan juga dari jarak jauh sudah ngerem. Lalu, lupa nyalain sein, kalau sudah nyala lupa matiin. Ini harus diperhatikan. Intinya harus konsentrasi bawa motor. Bawa motor jangan pikiran belum belanja, belum bayar utang," tutup dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini