Share

Honda Berambisi Kalahkan Toyota Sienta Lewat Freed Terbaru

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 26 September 2016 07:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 09 26 15 1498413 honda-berambisi-kalahkan-toyota-sienta-lewat-freed-terbaru-ZtJhFLE6ib.JPG Honda Freed (Carscoops)

TOKYO - Honda Motor meluncurkan all new Freed di Jepang pada pertengahan September 2016. Sejak meluncur delapan tahun yang lalu, baru kali ini Honda melakukan perubahan secara besar-besaran terhadap Freed. Total ada 16 varian Freed berbeda yang dipasarkan dengan harga mulai dari 1.880.000 yen atau Rp241 juta sampai 2.748.200 yen atau sekira Rp353 juta. Honda menargetkan penjualan 6 ribu unit sebulan di Jepang.

Produsen berlogo 'H' itu telah membuka pemesan pada Agustus 2016. Hasilnya permintaan Freed melebihi target yang ditetapkan. Dilaporkan ResponseJP, saat ini total permintaan Freed mencapai 7 ribu unit.

Chief Honda Sales and Promotion Brand, Naoyuki Nishibe, mengklaim, "Ada banyak konsumen yang pindah dari model lain seperti minivan besar, fit, dan keicar. Freed memiliki reputasi yang baik dalam hal kemudahan dan mempunyai pintu geser."

Pada saat peluncurannya delapan tahun yang lalu, Freed merupakan satu-satunya mobil di segmen MPV kotak dengan tiga baris kursi di Jepang. Namun, pada Juli 2015, Toyota meluncurkan Sienta terbaru, yang dengan cepat mampu menyaingi penjualan Freed. Sekarang ini rata-rata penjualan Sienta sekira 10 ribu unit per bulan. Dengan permintaan Freed yang sekarang sudah mencapai 7 ribu unit persaingan akan semakin menarik.

Honda menawarkan dua pilihan sumber tenaga yaitu bensin dan hybrid. Untuk bensin memiliki kapasitas 1,5 liter direct injection DOHC i-VTEC yang dikawinkan dengan sistem transmisi CVT. Sedangkan Freed hybrid dilengkapi mesin 1,5 liter Atkinson cycle DOHC i-VTEC yang dikombinasikan dengan Sport Hybrid i-DCD (intelligent Dual-Clutch Drive).

Di Jepang, Sienta juga ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni bensin dan hybrid. Untuk bensin dibekali mesin model 2NR-FKE berkapasitas 1,5 liter, sedangkan hybrid 1NZ-FXE berkapasitas 1,496 cc.

Sampai saat ini Toyota masih memasarkan Sienta generasi kedua yang diluncurkan tahun lalu. Sienta dibanderol dengan harga termurah 1.689.709 yen atau Rp217 juta sampai termahal 2.329.855 yen atau sekira Rp299 juta.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini