Share

GM Bikin Mobil Tempur Berbahan Bakar Hidrogen

Pius Mali, Okezone · Rabu 31 Agustus 2016 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 31 15 1477560 gm-bikin-mobil-tempur-berbahan-bakar-hidrogen-MV471DGsBe.jpg Gambar penggoda mobil militer kolaborasi GM dan TARDEC (Carscoops)

DETROIT – Produsen automotif General Motors (GM) bekerja sama dengan lembaga Army Tank Automotive Research, Development, and Engineering Center (TARDEC) Amerika Serikat mengembangkan kendaraan militer bertenaga listrik (electric vehicle).

Mobil militer kolaborasi Chevrolet dengan TARDEC itu dirancang dengan menggunakan bahan bakar hidrogen. Hal ini dilakukan setelah tentara AS menginginkan teknologi fuel-cell vehicle pada mobil umum bisa diaplikasikan juga di mobil militer. Selain itu, bahan bakar hidrogen juga ramah lingkungan ketika di alam bebas.

"Sel bahan bakar hidrogen sebagai sumber listrik memiliki potensi untuk membawa ke kekuatan kemampuan sangat berharga," kata Direktur TARDEC Paul Rogers, seperti dikutip dari Carscoops, Rabu (31/8/2016).

Ia menambahkan, Chevrolet Colorado Militer nantinya juga akan dirancang sebagai sumber listrik darurat ketika melakukan operasi militer.

"Kami berharap kendaraan ini menjadi lebih senyap dalam operasi dan siap menyediakan pembangkit listrik untuk kebutuhan dari kendaraan. Teknologi fuel-cell technology advancing sangat ideal untuk kelangsungan hidup dalam kondisi militer digunakan ekstrem," tambahnya.

Sementara Charlie Freese Executive Director of GM Global Fuel-Cell Activities mengatakan, pihaknya akan lebih fokus pada sumber tenaga dan kemampuan kendaraan, bukan pada mobil yang digunakan. "Proyek ini merupakan contoh baru, bagaimana teknologi fuel-cell bisa diaplikasi di kendaraan non-tradisional (militer)," ujarnya.

Mobil militer hasil kolaborasi tersebut rencanaya dibangun menggunakan platform Chevrolet Colorado. Tak hanya sebagai alat mobilitas, mobil ini juga memberi manfaat lebih seperti lebih senyap dalam oprasi militer, menjadi sumber listrik, namun juga memiliki kemampuan melibas trek offroad.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini