Share

Pentingnya Mendidik Anak untuk Tertib Berlalu Lintas

Selasa 30 Agustus 2016 20:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 30 15 1477025 pentingnya-mendidik-anak-untuk-tertib-berlalu-lintas-V61v801cqn.jpg Pentingnya Mendidik Anak untuk Tertib Berlalu Lintas (Foto: Gilamotor)

JAKARTA - Perilaku pengguna kendaraan bermotor belakangan ini makin tidak bisa ditolerir. Pelanggaran hingga kecelakaan lalu lintas setiap hari pasti terjadi. Sekira 30 persen pemicu kecelakaan lalu lintas adalah perilaku pengendara itu sendiri. Faktor ini merupakan kedua terbesar pemicu kecelakaan berkendara dalam kondisi lengah. Untuk itu sangat perlu mendidik dan mengajarkan tertib berlalu lintas sejak usia dini.

Seperti yang diungkapkan psikolog dan pemerhati anak, Nona Pooroe, dalam seminar Keselamatan Berlalu Lintas di Kurikulum Pemerintah. Bahwa pendidikan keamanan di jalan raya (road safety education) berperan penting dalam pembentukan sikap dan perilaku anak atau remaja. Serta mendorong mereka untuk menjadi pengguna jalan yang bertanggung jawab.

“Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak yang belajar tentang keamanan lalu lintas sejak dini akan membentuk perilaku aman di jalan saat mereka tumbuh. Oleh karena itu sangat penting untuk membentuk pemahaman anak tentang hal tersebut. Ini akan membantu mereka menjadi pelaku jalan yang bertanggung jawab dan mencegah menjadi korban.” katanya seperti dikutip dari Gilamotor, Selasa (30/8/2016)

Menurut data Korlantas Mabes Polri, sepanjang 2010-2015, setidaknya 176 ribu anak di bawah umur menjadi korban kecelakaan di jalan. Ini berarti setiap hari ada 85 anak di bawah umur 15 tahun yang jadi korban. Namun tidak hanya menjadi korban, dalam rentang waktu tersebut juga tercatat sedikitnya 27 ribu anak-anak yang memicu terjadinya kecelakaan.

“Semua pihak bersama-sama dengan pakar pendidikan dan dukungan media dapat membantu kepolisian menyuarakan tentang save our kids.” tutur Direktur Ditlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Syamsul Bahri.

Mulai sekarang didiklah anak-anak untuk tertib berlalu lintas dan selalu tanankan jiwa bertanggung jawab. Agar aman, nyaman dan selamat saat di jalan. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini