Share

Pengujung Agustus, Belum Ada Tanda-Tanda Peluncuran Pikap Esemka

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 31 Agustus 2016 01:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 30 15 1477010 pengujung-agustus-belum-ada-tanda-tanda-peluncuran-pikap-esemka-E59VPdkJ4a.jpg Pabrik Esemka di Celeungsi (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), selaku produsen mobil Indonesia yakni Esemka, pada Mei 2016 berjanji akan meluncurkan satu produk baru yang datang dari kelas pikap. Rencananya, peluncuran akan dilakukan pada Agustus bersamaan dengan bulan kemerdekaan.

"Kami targetkan di bulan Agustus sudah diperkenalkan kepada publik. Ya kalau bisa bersamaan dengan semangat kemerdekaan," ucap Hosea Sanjaya, managing director PT ACEH, di Jakarta pada Mei 2016.

Namun, hingga pengujung Agustus belum ada tanda-tanda ACEH akan meluncurkan pikap Esemka tersebut. Okezone coba mencari tahu langsung dengan menghubungi Hosea melalui pesan singkat. Namun sampai sekarang pesan tersebut belum mendapat respons.

PT ACEH akan fokus membuat mobil pikap yang ditujukan untuk kendaraan perdesaan. Rencananya, ada dua varian pikap yang akan diproduksi. Masing-masing memiliki mesin berbeda, yakni 1.000 dan 2.000 cc. Namun, rencananya akan diperkenalkan terlebih dulu adalah varian 1.000 cc.

Mobil niaga tersebut akan dipasarkan dengan harga kompetitif sehingga bisa bersaing dengan produk pikap lainnya. Salah satu yang bisa membuat harganya bersaing yaitu dengan memotong jalur distribusi. Esemka bisa langsung menjual tanpa harus melangkah ke banyak jaringan, main dealer, diler, dan lain-lain.

Mobil pikap Esemka akan diproduksi di pabrik yang berlokasi di River Green Industrial Complex, Bojong Jonggol, Cibubur, Cileungsi, Jawa Barat. Luas total area pabrik itu nantinya mencapai 40 hektare (ha). Pabrik ini mampu memproduksi 30 ribu unit per tahun.

Bila pabrik mulai beroperasi dan produksi mobil pikap sudah berjalan, PT ACEH berencana melakukan ekspor ke beberapa negara, terutama di kawasan ASEAN. (san)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini