Share

Miniatur-Miniatur Motor Ini Dibuat oleh Orang yang Tak Punya Tangan

Anton Suhartono, Okezone · Rabu 31 Agustus 2016 00:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 30 15 1476805 miniatur-miniatur-motor-ini-dibuat-oleh-orang-yang-tak-punya-tangan-OxQNrmf9Ce.jpg Miniatur motor beroda tiga hasil karya Andy Villaruel (Facebook DGTEArtworks)

MANILA - Keterbatasan fisik bukan penghalang bagi Andy Villaruel untuk berkarya. Pria berusia 25 tahun asal Filipina itu sudah membuat banyak miniatur sepeda motor dari berbagai model meski ia dilahirkan dalam kondisi tidak punya pergelangan tangan dan jari.

Ia hanya mengandalkan lengan bagian bawah untuk memahat kayu dan merangkai bagian-bagian aksesori kecil sehingga menjadi relika sepeda motor mungil. Semua motor itu ia buat untuk perusahaan replika Dumaguete Miniature Artworks.

Apalagi, kebanyakan produk yang Andy buat adalah motor beroda tiga atau angkutan umum sewaan dengan tambahan kereta di samping yang biasa digunakan di Filipina. Menghasilkan karya miniatur kendaraan tersebut tentu lebih sulit ketimbang membuat roda dua.

Andy mengaku menghabiskan waktu empat hari untuk membuat satu miniatur sepeda motor. Meski rekan-rekannya bisa mengerjakannya dalam satu hari, hal itu tidak membuat Andy patah semangat.

Awalnya mula, Andy sudah terbiasa membuat miniatur motor sendiri hingga datang seorang pemilik workshop Dumaguete Miniature Artworks, Julius Lusaya.

Lusaya peham benar bahwa Andy kesulitan mendapat pekerjaan dengan kondisinya seperti itu. Lusaya pun menawarkan Andy untuk ikut pelatihan kerajinan tangan bahkan mempekerjakannya. Lusaya hanya membutuhkan dua syarat dari Andy, yakni bisa menggunakan palu dan gunting.

Dari pengalaman belajar di tempat Lusaya selama empat bulan, Andy bisa mengembangkan keterampilannya membuat miniatur-miniatur sepeda motor hingga karyanya disukai Dumaguete Miniature Artworks.

Sementara itu motor dibuat semirip mungkin dengan kondisi asli. Bahkan aspek detail seperti jari-jari roda dan mesin pun pun tidak luput dari pahatan tangan ahlinya. Jok penumpang, kanopi, serta rangka besi dipasang sehingga sekilas seperti motor angkutan sungguhan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini