Share

Rambu-Rambu jika Ingin Mengganti Pelek Mobil LCGC

Pius Mali, Okezone · Selasa 30 Agustus 2016 08:56 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 30 15 1476361 rambu-rambu-jika-ingin-mengganti-pelek-mobil-lcgc-vseYjLZ4ZC.jpg Mengganti pelek cukup ampuh untuk memperbaiki tampilan mobil LCGC (Ilustrasi Signal/Okezone)

JAKARTA - Selain mengganti bumper atau menambahkan body kit, modifikasi low cost green car (LCGC) bisa dilakukan dengan mengganti pelek standar. Mengubah pelek cukup ampuh mengangkat tampilan mobil LCGC mengingat biasanya pabrikan kendaraan hanya menggunakan pelek berdiameter kecil.

"Kalau pelek sih sebenarnya bergantung selera (modelnya). Hanya saja, dengan kondisi fender standar dan enggak di wide body, bisa naik hanya sekira 2 inci. Kalau misalnya dari 14 inci berarti ke 16 inci," papar Andre Mulyadi, punggawa Signal Custom.

Ia menambahkan, jika pemilik mobil melakukan perubahan lebih jauh dengan wide body, maka ukuran diameter peleknya pun bisa lebih besar untuk mengimbangi tampilan mobil.

"Bergantung dimensi wide body-nya. Sebenarnya enggak ada batasan, tapi bergantung posisi si fender stock-nya, dan wheel space-nya juga. Ini juga (hitungan) tanpa penggantian suspensi. Kalau ganti suspensi beda lagi," tambahnya.

Soal kenyamanan mobil, Andre mengatakan pastinya akan terganggu ketika pemilik mobil mengganti diameter pelek standar dengan produk aftermarket berdiameter lebih besar. Ia mencontohkan, pernah membuat modifikasi LCGC Datsun dengan menyematkan pelek 17 inci.

"Ini enggak mentok sih. Datsun memang lebih gede, dari 14 inci bisa ke 17 inci, masih aman. Cuma sekarang tinggal kenyamanannya. Karena otomatis peleknya lebih besar dan lebih tebal itu bisa memengaruhi kenyamanan," pungkas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini