Share

Pajak Lebih Murah dari Sedan, Honda Civic Hatchback Lebih Cocok di Indonesia

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 29 Agustus 2016 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 29 15 1475342 pajak-lebih-murah-dari-sedan-honda-civic-hatchback-lebih-cocok-di-indonesia-KIsmTUG9kP.jpg Perbedaan skema pajak mobil membuat Honda Civic Hatchback diyakini lebih pantas dijual di Tanah Air (Mali/Okezone)

KUALA LUMPUR - Honda Civic hatchback rencanannya akan diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) agen pemegang merek mobil Honda di Indonesia pada semester pertama 2017. Mobil ini sudah lebih dulu diperkenalkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Di pasar ASEAN, selain Indonesia ada Thailand yang juga bakal kedatangan Civic hatchback. Sementara untuk pasar lainnya seperti Malaysia, kemungkinan besar Honda tidak akan memasarkannya.

Katsuto Hayashi, managing director dan CEO Honda Malaysia menjelaskan bahwa sedan dikenai pajak lebih tinggi daripada hatchback di Indonesia, sehingga sangat logis jika Honda memperkenalkan Civic hatchback di Indonesia.

"Di Indonesia, situasinya benar-benar berbeda. Gaya tubuh mobil yang paling dicari di Indonesia adalah hatchback. Skema pajak berbeda dari Malaysia, sehingga harga untuk hatchback jauh lebih rendah daripada sedan. Jadi itu sebabnya mereka memperkenalkan Civic hatchback di sana, " kata Hayashi, seperti dikutip dari Paultan.

Di Indonesia, sedan dikenai pajak barang mewah, di mana dengan mesin di bawah 1.500 cc dikenai pajak 30 persen. Mesin 1.501- 3.000 cc 40 persen, dan lebih dari 3.000 cc sebesar 70 persen. Sementara itu hatchback dikenakan pajak hanya 10 persen.

Untuk pertama kalinya di kawasan Asia dan Oceania, PT HPM menampilkan Honda Civic hatchback prototype pada ajang GIIIAS. Model versi lima pintu dari generasi ke-10 Honda Civic ini dilengkapi mesin 1.5 liter VTEC Turbo.

Di ajang GIIAS, Honda Civic hatchback diperkenalkan oleh Noriaki Abe, Chief Operating Officer, Regional Operations (Asia & Oceania) Honda Motor bersama dengan Tomoki Uchida, President Director PT HPM.

Honda Civic hatchback prototype pertama kali diluncurkan pada ajang Geneva Motor Show 2016.(mli)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini