Share

Gara-Gara GPS, Pemilik Avanza Dapatkan Kembali Mobilnya yang Dicuri

Anton Suhartono, Okezone · Sabtu 27 Agustus 2016 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 27 15 1474536 gara-gara-gps-pemilik-avanza-dapatkan-kembali-mobilnya-yang-dicuri-ltmt3LNuKs.jpg TMC Polda Metro Jaya gagalkan pencurian mobil berkat teknologi GPS (Facebook TMC)

JAKARTA - Salah satu manfaat pemasangan perangkat global positioning system (GPS) di mobil adalah keberadaan kendaraan akan mudah terlacak di mana pun. Tentunya, posisi mobil harus masih berada dalam zona jangkauan satelit operator.

Manfaat penggunaan GPS akan terasa jika mobil dirampas atau dicuri orang. Saat ini layanan satelit GPS yang ditawarkan berbagai operator sudah menjangkau pulau-pulau besar di Indonesia.

Seperti yang terjadi pada Jumat 26 Agustus 2016 petang, di mana satu unit Toyota Avanza bernomor polisi B 1693 SRB milik Anggi dirampas di perumahan Kemang Pratama V, Bekasi, Jawa Barat. Saat dirampas, mobil berwarna silver itu sedang digunakan oleh keponakan Anggi. Dalam perampasan itu, pelaku sempat menusukkan obeng ke dada korban hingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Kepala Subbag Tekinfo Polda Metro Jaya Kompol Purwono Takasihaeng menjelaskan, pemilik kendaraan melaporkan kasus ini ke Kasat Lantas Polrestro Jakarta Timur, AKBP Timin, lalu dilanjutkan ke Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.

Beruntung, mobil korban telah dipasangi GPS sehingga keberadaannya bisa dilacak. Dari hasil pantauan GPS, petugas TMC Polda Metro Jaya menemukan titik koordinat mobil yang dikendarai pelaku.

"Sesuai koordinat GPS, mobil tengah berada di Jalan Ahmad Yani, Serang, Banten," ujar Purwono, seperti dikutip dari laman Facebook Polda Metro Jaya.

Petugas TMC Polda Metro Jaya meneruskan informasi ini ke Polres Serang sehingga pengejaran terhadap pelaku pun langsung dilakukan. Dipandu oleh petugas TMC Polda Metro Jaya, jajaran kepolisian di Serang berhasil menyergap pelaku lalu mengamankan barang bukti ke Polres Serang.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini