Share

Truk Tercepat di Dunia, Lahap 500 Meter dalam 13 Detik

Pius Mali, Okezone · Jum'at 26 Agustus 2016 01:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 08 25 15 1473338 truk-tercepat-di-dunia-lahap-500-meter-dalam-13-detik-DIOCl6AFBA.jpg The Iron Khinight, truk tercepat di dunia racikan produsen automotif Volvo (Carscoops)

GOTHENBURG - Produsen automotif Volvo membuktikan kemampuannya dalam membuat truk bertenaga dengan menghadirkan tractor head bernama The Iron Knight. Truk tersebut tak dipakai untuk menarik barang, tetapi untuk memecahkan rekor kecepatan di trek lurus di utara Swedia.

Meski memiliki bobot 4,5 ton, The Iron Knight berhasil melahap lintasan lurus sejauh 500 meter dalam 13,71 detik dengan kecepatan rata-rata 131,29 kilometer per jam.

Saat diuji di trek 1.000 meter, tractor head balap ini mencapai kecepatan rata-rata 169 km/jam dengan catatan waktu 21,29 detik.

"Spesialis dari beberapa departemen Volvo Truck bekerja sama untuk mengembangkan sebuah truk dengan kinerja tak tertandingi. Terlepas dari kekuatan dasar mesin Volvo Truck, yang merupakan jantung dan jiwa dari The Iron Knight, kami membangunnya dengan serius," ujar Olof Johansson, teknisi Volvo Trucks seperti dikutip dari Carscoops, Jumat (26/8/2016).

The Iron Knight dibekali mesin diesel mid-mounted Volvo berkapasitas 13 ribu cc dengan empat turbocharged dan intercooler air-cooled. Total tenaga yang dihasilkan mencapai 2.400 hp dengan torsi maksimum 6.000 nm. Mesin dikombinasikan dengan slick-shifting dual clutch transmission.

Tractor head ini dirancang layaknya mobil balap dengan rangka pelindung di kabin hingga ke bagian belakang. Sementara untuk tampilan luarnya terlihat simple dengan bodi putih dan kombinas garis di kiri-kanannya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini