Share

Industri Automotif Sumbang Pajak Rp100 T & Pekerjakan 1 Juta Orang

Pius Mali, Okezone · Jum'at 29 Juli 2016 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 29 15 1450057 industri-automotif-sumbang-pajak-rp100-t-pekerjakan-1-juta-orang-LBAPKXUm8S.jpg Industri automotif menyumbang pajak Rp100 triliun dan mempekerjakan lebih dari 1 juta orang (foto: Okezone)

JAKARTA - Pertumbuhan industri automotif di Indonesia Tanah Air turut memberikan kontribusi postif bagi ekonomi nasional.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohanes Nangoi mengatakan, kontribusi positif industri automotif adalah dalam hal pajak dan penyediaan lapangan kerja.

''Perlu diingat, automotif Indonesia menyumbang lebih dari Rp100 triliun pajak kepada negara dan mempekerjakan lebih dari 1 juta orang. Itu belum termasuk tier ketiga dan selanjutnya. Seperti misalnya leasing company yang membiayai mobil, asuransi, pegawai bengkel kecil yang ada di seluruh Indonesia yang enggak bisa kami hitung," ujar Yohannes.

Bahkan, para pemain industri automotif naional terus berusaha agar prinsipal automotif mau berinvestasi sehingga nantinya lebih banyak kontribusi positif yang diberikan.

"Jadi jangan melihat automotif dari sisi negatifnya saja, bikin macet jalan. Kami enggak bikin macet jalan, jalannya yang kurang. Kami industri automotif akan tetap tumbuh karena merupakan industri yang besar dan banyak kontribusinya. Kami mengimbau kepada prinsipal-prinsipal mobil di dunia untuk berinvestasi di Indonesia. Sehingga kita bisa menjadi basis ekspor. Kami juga akan melobi Pemerintah untuk mendapatkan peluang-peluang supaya bisa sejalan," pungkas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini