Share

Gaby: Kesannya SPG Itu untuk Digoda

Anastasia Monica, Okezone · Jum'at 29 Juli 2016 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 29 15 1449978 gaby-kesannya-spg-itu-untuk-digoda-fQXokrCbF6.jpg Gabriela Iridi (Dok Pribadi)

JAKARTA - Menjual atau mengenalkan produk di acara pameran tak terlepas dari peran sales promotion girl (SPG). Keberadaan mereka membawa suasana baru bagi booth merek kendaraan serta menjadi magnet bagi pengunjung.

Salah satunya dirasakan oleh Gabriela Iridi. Setelah tahun lalu berpartisipasi di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) untuk brand Ford, tahun ini perempuan yang akrab disapa Gaby itu menjadi SPG untuk Krama Yudha Tiga Berlian Motors, agen pemegang merek kendaraan Mitsubishi.

Menurut Gaby, pekerjaan sebagai SPG kelihatannya mudah, namun ketika dilakoni, cukup berat. Banyak tantangan yang dirasakannya, terutama saat menghadapi para pengunjung pria. Ia harus menghadapi risiko mendapat perlakuan tidak mengenakkan dari pengunjung. Diakui Gaby, dirinya kerap digoda.

“Kalau dari pengunjung, mereka sering pegang-pegang saat minta foto bareng. Jadi kesannya SPG itu enak banget buat digangguin dan digoda-godain," ujarnya.

Hal lain adalah lokasi pelaksanaan GIIAS yang cukup jauh dari rumahnya di Jakarta Pusat. Sehingga ia harus berangkat lebih pagi atau menyewa mes di dekat lokasi pameran.

"Pertama, GIIAS 2016 itu lokasinya jauh dan enggak semua perusahaan itu menyediakan akomodasi seperti mes. Jadi harus ada biaya tambahan untuk akomodasi," ungkap mahasiswi jurusan ilmu komunikasi salah satu kampus swasta di Jakarta Utara itu.

Gaby mengaku sudah menekuni pekerjaan sebagai SPG sejak 2009 atau saat masih duuduk di bangku SMA. Selain merek mobil, ia juga pernah menjadi SPG untuk aksesori kendaraan. Ada kelebihan dan kekurangan menjadi SPG merek mobil yang dirasakannya.

Kelebihannya, bayaran menjadi SPG merek mobil lebih besar ketimbang aksesori. Selain itu, biasanya jam kerjanya tetap. Hanya saja ada perasaan bosan yang timbul karena hanya "mengawal" mobil saja.

Sementara bayaran menjadi SPG aksesori lebih kecil, namun ada insentif yang diberikan jika berhasil membantu menjual produk. Bedanya dengan sales, tidak ada tekanan bagi SPG untuk menjual produk.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini