Share

Teruji, Inilah Mobil Paling Irit di Dunia

Anton Suhartono, Okezone · Kamis 28 Juli 2016 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 28 15 1448806 teruji-inilah-mobil-paling-irit-di-dunia-YlGwdmD5kq.jpg Mobil buatan tim TUfast membuktikan diri sebagai yang paling efisien di dunia (TUM))

BERLIN - Beberapa mahasiswa dari tim TUfast Eco, Technical University of Munich (TUM), Jerman, berhasil membuat mobil listrik paling efisien di dunia. Mobil tersebut diuji di lintasan pengujian Audi di Bavaria awal bulan ini.

Pengujian dilakukan selama beberapa pekan untuk mengetahui seberapa jauh mobil berdesain mungil tersebut dapat menjelajah dengan menggunakan motor listrik bertenaga kecil. Hasilnya diperoleh tingkat konsumsi listrik mobil tersebut adalah 1.200 kilometer per kWh.

Jika dikonversikan ke kilometer per liter maka tingkat efisiensi mobil tersebut adalah 11.096,2 km/liter. Angka ini merupakan rekor terbaru dunia yang berhasil dibuat. Demikian dikutip dari Autoblog, Kamis (28/7/2016).

Rahasianya adalah di teknologi motor listrik dan baterai yang terus mereka kembangkan. Mobil ini sebenarnya dibuat sejak 2014 dan pernah diikutkan dalam ajang lomba irit kendaraan Shell Eco-Marathon. Sejak itu tim terus melakukan riset untuk meningkatkan efisiensinya.

Mobil ini hanya memiliki tiga roda dan berkapasitas satu orang. Desainnya dibuat se-aerodinamis mungkin untuk meningkatkan kelincahan di jalan. Karena itu jangan heran jika untuk mengemudikannya, posisi sopir seperti orang tidur. Hal ini karena mobil didesain memanjang ke belakang, bukan melebar atau tinggi.

Demikian pula dengan penempatan komponen-komponen kelistrikan yang didesain untuk mendukung downforce. Selain itu, materailnya dibuat dari serat karbon yang sangat ringan namun kuat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini