Share

Harapan Ketum Gaikindo kepada Menperin Airlangga Hartarto

Anton Suhartono, Okezone · Rabu 27 Juli 2016 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 27 15 1447991 harapan-ketum-gaikindo-kepada-menperin-airlangga-hartarto-Sru6uZB1wU.jpg Airlangga Hartarto (Foto: Koran Sindo)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan jajaran menteri Kabinet Kerja yang baru, Rabu (27/7/2016) siang. Di antara menteri yang diganti adalah Saleh Husin yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perindustrian (Menperin). Saleh Husin digantikan oleh Airlangga Hartarto.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengatakan, Presiden Jokowi memiliki pertimbangan yang matang untuk mengganti para pembantunya, termasuk menperin.

"Saya menilai Airlangga itu bagus. Ayah (Airlangga Hartarto) sendiri kan pernah menjadi Menteri Perindustrian juga. Kemudian dia juga pengalaman di Komisi VI (DPR), pernah menjadi ketua komisi yang membidangi industri. Jadi sudah cocok dengan posisinya yang baru ini,” ungkap Yohannes saat dihubungi Okezone.

Dengan pengalaman itu, Yohannes yakin Airlangga mampu membawa industri nasional lebih baik, terutama di bidang automotif.

Ia pun mengungkapkan harapannya terhadap Airlangga untuk membantu mengantarkan Indonesia menjadi negara basis produksi automotif yang diperhitungkan di kancah internasional.

"Gaikindo sendiri tentunya berharap menteri yang baru bisa berpihak kepada industri automotif. Membesarkan industri automotif Indonesia sehingga menjadi basis produksi di ASEAN. Industri automoif kita harus lebih besar lagi," ungkap Yohannes.

Airlangga dilahirkan di Surabaya, Jawa Timur, pada 1 Oktober 1962. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011-2014 dan Ketua Komisi VII DPR RI (2006-2009).

Sepak terjang Airlangga dalam dunia politik dimulai dari Wakil Bendahara DPP Partai Golkar periode 2004-2009, kemudian Ketua DPP Partai Golkar periode 2009-2015.

Dia terpilih kembali menjadi anggota DPR periode 2009-2014 untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat V dan menjabat sebagai Ketua Komisi VI yang membidangi perindustrian, perdagangan, UKMK, investasi, dan BUMN.

Airlangga merupakan lulusan SMA Kolese Kanisius, Jakarta, pada 1981 dan Fakultas Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada pada 1987. Ia mendapatkan gelar MBA dari Monash University, Australia, pada 1996 dan Master of Management Technology (MMT) dari University of Melbourne, Australia, pada 1997.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini