Share

80% Komponen Lokal, Toyota: Sienta Hasil Usaha Orang Indonesia

Santo Evren Sirait, Okezone · Senin 25 Juli 2016 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 25 15 1446084 80-komponen-lokal-toyota-sienta-hasil-usaha-orang-indonesia-DcsGiyunoY.jpg 80 persen komponen Toyota Sienta dipasok dari dalam negeri (Foto: Santo/Okezone)

KARAWANG - Toyota Sienta diproduksi di pabrik Karawang Plant 2 milik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Mobil MPV kotak ini menggunakan komponen lokal sebanyak 80 persen. Pencapaian tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi TMMIN.

"Kandungan lokal 80 persen. Dibandingkan dengan Toyota Kijang pikap generasi pertama produksi 1977 yang hanya 19 persen. Itu artinya, Sienta adalah buatan Indonesia dan hasil usaha orang Indonesia,” ujar Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami, di acara perayaan produksi Sienta di Karawang Plant 2, Senin (25/7/2016). (Baca: Toyota Indonesia Rayakan Produksi Sienta)

Pencapaian ini tidak terlepas dari kerja sama antara TMMIN dan suplier lokal. "Pengembangan serta pendampingan yang terus berkelanjutan serta kolaborasi erat antara TMMIN dan 139 perusahaan pemasok lapis pertama,” tambah Nonami.

Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono menambahkan, biasanya model terbaru Toyota lain yang diproduksi di Karawang awalnya hanya menggunakan 60 persen komponen lokal, berbeda dengan Sienta yang langsung 80 persen.

“Kami kagum dan mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh para pemasok dalam negeri. Kami bersama suplier telah melewati proses yang panjang, tidak instan dan tidak mudah dalam mencapai sebuah produk berkualitas global dengan rasio kandungan lokal yang tinggi. Kami mengalami berbagai tantangan, seperti perubahan dan penyesuaian budaya kerja, berkejaran dengan penerapan teknologi produksi terkini, hingga meningkatnya kebutuhan akan SDM trampil berkarakter industri,” bebernya.

Sementara 20 persen komponen Sienta yang masih diimpor dari luar negeri, di antaranya transmisi manual dari Filipina, transmisi otomatis dari Jepang, dan front axle dari Thailand.

"Ke depan, kami berharap lokalisasi komponen untuk Sienta bertambah, demikian juga dengan model lain," pungkas Warih.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini