Share

Cara Tidur Singkat yang Ampuh Hilangkan Lelah bagi Pemudik Motor

Pius Mali, Okezone · Jum'at 01 Juli 2016 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 01 15 1430438 cara-tidur-singkat-yang-ampuh-hilangkan-lelah-bagi-pemudik-motor-5q0rKyaJpD.jpg Pemudik motor bisa melakukan power nap atau tidur sesaat untuk menghilangkan lelah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Tidur menjadi obat paling mujarab untuk menghilangkan lelah dan kantuk ketika seseorang melakukan perjalanan mudik. Bagi pemudik yang menggunakan motor, tidur bisa dilakukan secara singkat atau biasa disebut power nap.

Jusri Pulubuhu, training director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, selama mudik, pengendara sebaiknya hanya melakukan perjalanan paling lama dua jam.

"Usahakan berkendara tak lebih dari dua jam, lalu istirahat. Lalu di periode istirahat berikutnya pemudik motor bisa melakukan power nap, yakni tidur singkat di rentang waktu 15-30 menit untuk membuat badan lebih segar," jelasnya kepada Okezone.

Power nap, kata Jusri, merupakan metode istirahat paling sempurna dibandingkan metode lainnya. Meski demikian, diakuinya kondisi perjalanan kerap membuat pengendara sulit melakukan power nap.

Ia pun memberikan trik jitu agar pengendara motor bisa melakukan power nap, yakni dengan menutup mata dan kuping dengan alat bantu.

"Power nap bisa dipinggir jalan. Caranya mudah, cari tempat aman untuk parkir dan tempat nyaman untuk berbaring. Setelah itu, pemudik bisa menutup kuping dengan ear plug yang sudah disiapkan dan matanya ditutup dengan kain atau handuk basah agar membantu membuat lebih rileks," tutup dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini