Share

Pemudik Motor Sebaiknya Sudah Punya 'Jam Terbang' Tinggi Berkendara Jarak Jauh

Pius Mali, Okezone · Rabu 29 Juni 2016 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 29 15 1428083 pemudik-motor-sebaiknya-sudah-punya-jam-terbang-tinggi-berkendara-jarak-jauh-3ZfuFCTqjT.jpg Pemdudik juga harus menyiapkan diri sebelum melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman (Okezone)

JAKARTA - Usai melakukan pengecekan kesiapan sepeda motor untuk mudik, pengendara juga harus menyiapkan dirinya. Pasalnya perjalanan mudik membutuhkan waktu lama dengan kondisi jalan yang beragam.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan bahwa persiapan diri bisa dimulai dari memastikan pengendara sepeda motor memang sudah layak untuk berkendara dengan aman.

"Hal yang harus diperhatikan ialah pastikan kendaraan sudah diinspeksi mencakup beberapa komponen. Tak kalah pentingnya, pemudik tersebut memang sudah layak untuk berkendara jarak jauh dengan aman, punya jam terbang tinggi, dan tahu kondisi jalan yang akan dilewati sampai kampung halamannya," jelasnya.

Sebelum berangkat, tambah Jusri, rencanakan perjalanan beserta rute dan perkiraan waktu tempuh. Ini dilakukan agar pengendara selalu sigap menghadapi ragam kondisi yang terjadi di perjalanan.

"Rencanakan perjalan dengan menentukan rute dan waktunya. Kalau dia harus bawa barang, maka perlu diingat dengan baik bahwa sepeda motor bukan angkutan barang. Sehingga barang berlebih bisa kirim aja pakai paket. Pengendara bawa saja ransel secukupnya yang bisa dipakai dalam perjalanan. Ini salah satu cara untuk menjamin keselamatan sampai di tujuan," tutup Jusri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini