Share

Daihatsu Bikin Aksesori Kulit Bodi Mobil dari Printer 3 Dimensi

Anton Suhartono, Okezone · Rabu 29 Juni 2016 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 28 15 1427418 daihatsu-bikin-aksesori-kulit-bodi-mobil-dari-printer-3-dimensi-UFT7ucmAFJ.jpg Daihatsu membuat aksesori kulit bodi menggunakan printer tiga dimensi (Stratasys)

OSAKA - Daihatsu Motor bekerja sama dengan perusahaan printer 3 dimensi, Stratasys, memproduksi aksesori untuk kendaraan. Daihatsu juga menggandeng desainer lokal Jepang untuk merancang aksesori eksterior mobil tersebut.

Para desainer dari Snug Design serta seniman tiga dimensi, Sun Junjie, membuat 15 jenis desain kulit bodi yang sudah disesuaikan dengan lekukan mobil. Setiap kulit didesain dengan motif 3 dimensi, seperti bergelombang, berduri, dan lainnya. Sebanyak 15 jenis desain kulit mobil itu menggunakan 10 warna berbeda.

Sebagai prototipe, Daihatsu menggunakan model keicar Copen. Mobil mungil ini dinilai cocok untuk dimodifikasi ringan dengan penambahan kulit tiga dimensi karena desainnya yang stylish.

Nantinya konsumen bisa memilih desain kulit bodi yang disukai. Selebihnya printer 3 dimensi yang membuatnya. Lalu tim dari Daihatsu akan memasangnya di bagian bodi sesuai dengan pilihan, apakah bumper depan-belakang atau fender.

Kulit tambahan itu dibuat menggunakan bahan thermoplastic yang tahan terhadap sinar ultraviolet dan yang pasti bernilai seni.

"Apa yang telah dikembangkan dalam dua sampai tiga bulan kini bisa diproduksi dalam dua pekan," ungkap Osamu Fujishita, general manager, corporate planning department, brand DNA Office Daihatsu Motor.

Ia mengklaim bahwa cara ini bisa memangkas biaya serta dapat diproduksi massal dalam waktu cepat. Membuat efek kulit 3 dimensi tidak mungkin dilakukan menggunakan peralatan tradisional di pabrik.

Komponen kulit bodi 3 dimensi ini akan dipasarkan dalam jumlah terbatas pada 2016, lalu akan dikomersialisasikan secara luas pada 2017.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini