Share

Suspensi Terlalu Empuk, Tanda Shockbreaker Harus Diganti

Mufrod, Okezone · Sabtu 25 Juni 2016 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 25 15 1425211 suspensi-terlalu-empuk-tanda-shockbreaker-harus-diganti-VblNdhQAxa.jpg Sistem suspensi mobil (foto: Youwheel)

JAKARTA – Kondisi suspensi mobil empuk tak selamanya bisa dinilai berkualitas baik. Jika suspensi terlalu empuk dengan posisi roda sedikit ambles maka artinya harus dipensiunkan.

Menurut Andre, mekanik dari Mirza Autocare, menjelaskan bahwa saat mobil sering melewati jalan berlubang atau rusak, sering ditemui kondisi suspensi terasa lebih empuk. Hal itu biasanya terjadi akibat oli di dalam shockbreaker telah encer akibat usia pakai terlalu lama.

Kondisi tersebut juga bisa terjadi jika per keong sudah mulai mengalami kelenturan. "Saat per ulir mengalami kejenuhan karena usia pakai yang sudah lama akan mengakibatkan berkurangnya tekanan dan daya dorong," tambah Andre.

Untuk mengetahui kualitas ketahanan suspensi sudah berkurang, bisa dibandingkan mengendarai di jalan rata dan halus dengan jalan kasa penuh lubang.

Andre menambahkan, pengujian juga bisa melihat langsung kondisi shockbreaker dengan tanda kerusakan adanya penyok di tabung ataupun ada lubang kecil di batang pegas. Ban dnegan kondisi tidak normal juga bisa mengakibatkan shockbreaker cepat rusak.

"Bisa diketahui karakter fisik suspensi bila sudah mengalami kerusakan dengan beberapa ciri seperti bentuk tabung penyok, terdapat lubang kecil di batang pegas, serta kondisi ban yang tidak normal.” pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini