Share

Apact, Wadah Pemersatu Juri Modifikasi Mobil di Indonesia

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 01 Juni 2016 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 01 15 1403342 apact-wadah-pemersatu-juri-modifikasi-mobil-di-indonesia-oTdf1b4hen.jpg Organisasi yang mewadahi para juri modifikasi mobil, Apact, resmi berdiri (Foto: Santo/Okezone)

TANGERANG - Seiring berjalannya waktu, dunia modifikasi mobil semakin berkembang di Indonesia. Hal ini turut memicu munculnya produk-produk aftermarket di pasaran.

Chief Operating Officer (COO) Asia Pasific Car Tuning (Apact) Boy Prabowo mengatakan, modifikasi mobil di Indonesia menggeliat sejak 1990-an. Mulai tahun 2000-an kontes-kontes modifikasi mobil pun mulai ramai digelar. Tidak hanya di ibu kota namun menjalar ke berbagai daerah.

"Kalau dihitung sudah 16 tahun industri ini berjalan di Indonesia. Tapi, selama ini tidak ada asosiasi di bidang penjurian. Oleh karena itu, kami melakukan terobosan untuk industri ini. Kami di Apact berharap bisa mengerakkan, mewadahi, dan membuat industri car tuning menjadi potensial dan positif," jelas Boy di Tangerang, Banten, Rabu (1/6/2016).

Saat ini, Apact sudah memiliki kurang lebih 300 kategori modifikasi mobil yang mencakup seluruh merek kendaraan. Hal ini sengaja dilakukan untuk menghindari "main comot" regulasi terutama pada event yang ada di daerah.

Boy mencontohkan, juri penyelenggaraan kontes modifikasi di daerah sering kali mengambil kategori yang sudah dibuat pihak lain.

"Nah, berangkat dari hal tersebut kami ingin merangkul mereka. Karena di Apact kami punya buku regulasi yang sudah didaftarkan ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Siapa yang butuh tinggal memilih. Regulasi sudah kami atur sedemikian rupa, yang sudah sesuai dengan iklim modifikasi di Indonesia," ucap Boy.

Ia melanjutkan, Apact memiliki tim yang sudah berpengalaman menjadi juri kontes modifikasi cukup lama. Nama-nama seperti Rendi Son, Yoggie Richard, Tony Utama, Timothy Mertadiwangsa, Yunus Yulio, Audi, Muhamad Riza Badarudin atau Atok Purnomo, akan menjadi anggota tim awal sebagai juri Apact. Latar belakang mereka pun sangat beragam, dari pembalap nasional, mekanik, wartawan, hingga penghobi yang semuanya mempunyai keterampilan serta rekam jejak serta pengalaman di dunia modifikasi minimal lima tahun.

Terbukti, tahun ini Apact digandeng oleh event modifikasi BlackAuto Battle 2016 yang tahun ini akan digelar di lima kota besar Tanah Air.

"Dalam waktu dekat, kami juga akan melakukan pelatihan berupa seminar untuk juri," pungkas Boy.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini