Share

Diuji Tabrak, BMW X1 Raih Predikat Top Safety Pick+

Santo Evren Sirait, Okezone · Minggu 29 Mei 2016 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 15 1400276 diuji-tabrak-bmw-x1-raih-predikat-top-safety-pick-SkTQAzazep.jpg BMW X1 (Foto: Motor1)

WASHINGTON DC – Lembaga asuransi untuk keselamatan jalan raya (Insurance Institute for Highway Safety/IIHS) di Amerika Serikat (AS) belum lama ini melakukan uji tabrak terhadap BMW X1 terbaru. Hasilnya, generasi kedua dari X1 itu meraih predikat Top Safety Pick+.

Seperti dimuat Motor1, IIHS menguji bagian atap dan depan mobil. Predikat yang diraihnya lebih baik ketimbang generasi pertama.

Saat pengujian, model sebelumnya hanya meraih predikat Top Safety Pick. Sementara bagian-bagian yang diuji tabrak sama. Dilaporkan pula, X1 lawas tidak dilengkapi sistem pencegah kecelakaan depan.

Pengujian dilakukan pada kecepatan 19 kilometer per jam (km/jam) untuk melihat dampak dari tabrakan. Sedangkan pada kecepatan 40 km/jam untuk mengetahui kinerja dari fitur-fitur keselamatan yang ditanamkan pada mobil crossover tersebut.

Menurut laporan IIHS, sistem pencegahan kecelakaan depan milik BMW X1 sudah sesuai aturan yang dianjurkan oleh Badan Keselamatan Jalan Raya Nasional (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) AS.

Sebagaimana diketahui, BMW X1 terbaru dilengkapi dua pilihan mesin yakni bensin dan diesel. Pada mesin bensin berkapasitas 1,5 liter, tiga silinder segaris, dan BMW Twin-Power Turbo Technology. Tenaga yang dikeluarkan sebesar 136 hp pada 4.400 rpm dan torsi maksimal 220 nm mulai dari 1.250 rpm.

Versi diesel memiliki kapasitas mesin 2,0 liter turbo dengan daya yang dikeluarkan sekuat 147 hp pada 4.000 rpm dan torsi puncak 330 nm pada 1.750 rpm. Tenaganya dikirim ke roda depan melalui transmisi otomatis delapan percepatan.

BMW X1 memiliki panjang 4.439 milimeter (mm), lebar 1.821 mm, dan tinggi 1.598 mm.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini