Share

Tips Merawat Kendaraan dari Terpaan Abu Vulkanik

Agregasi Waspada Online, Jurnalis · Sabtu 28 Mei 2016 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 28 15 1400024 tips-membersihkan-kendaraan-dari-terpaan-abu-vulkanik-7TuEIhOVJY.jpg foto: ilustrasi

MEDAN - Letusan gunung yang aktif akan menyebabkan kawasan di dekatnya terkena dampak abu vulkanik. Tersebarnya abu vulkanik sangatlah berbahaya jika sampai terhirup.

Abu vulkanik juga bisa menyebabkan tertutupnya suatu kendaraan baik Mobil ataupun Motor, abu yang dihasilkan tersebut cepat menempel sehingga menjadikan kendaraan diselimuti abu tebal hingga tidak terlihat bentuknya. Lantas apa yang harus dilakuka pada saat Motor atau Mobil tertutup abu vulkanik?

Abu vulkanik mengandung silica yang dapat menyebabkan bodi kendaraan menjadi tergores. Dikutip Waspada Online bahwa debu vulkanik yang beterbangan dan menyebar mempunyai partikel yang sangat kecil sehingga sangat mudah masuk ke dalam mesin melalui saringan atau filter udara.

Filter udara pada kendaraan bisa diibaratkan seperti hidung manusia, jadi supaya mesin terhindar dari debu vulkanik maka bersihkan dahulu filter udaranya dari abu vulkanik yang telah masuk.

Untuk membukanya jangan terburu-buru, karena sebaiknya untuk mencucinya terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi agar debu pada bodi dan komponen lain tidak masuk ke dalam mesin.

Untuk pencuciannya harus dilakukan dengan benar, karena debu dari letusan gunung tersebut mengandung silica yang bisa menggores bodi dengan mudah. Adapun cara mencuci Motor dan Mobil yang terkena abu vulkanik dilakukan dengan clangkah berikut:

– Siram kendaraan dengan air sabun.

– Setelah dipastikan telah bersih dan gak ada lagi abu vulkanik yang menempel, barulah melakukan pencucian seperti biasanya.

– Dengan demikian body kendaraan tidak akan tergores akibat abu vulkanik.

Itulah tips perawatan kendaraan yang terkena dampak abu vulkanik dengan benar dan aman. Yang intinya adalah membersihkan filter setelah dilakukan pencucian pada bodi dan komponen lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini