Share

Honda Indonesia Minta Pemilik Mobil Terdampak Recall Segera ke Diler

Pius Mali, Okezone · Jum'at 27 Mei 2016 10:13 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 27 15 1399055 honda-indonesia-minta-pemilik-mobil-terdampak-recall-segera-ke-diler-hdlVuPVRt9.jpg Honda Prospect Motor meminta konsumen yang terdampak recall mendatangi diler resmi mobil Honda (legalreader.com)

JAKARTA - Beberapa waktu lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) melakukan kampanye penarikan untuk perbaikan (recall) terhadap airbag di beberapa produk yang dijual di Indonesia. Meski sudah menyebarkan informasi, namun ternyata belum semua pemilik mobil mendatangi diler resmi.

Jonfis Fandy, marketing and aftersales service director HPM mengatakan, pihaknya terus berupaya memanggil para pemilik mobil yang masuk dalam catatan recall untuk memperbaiki mobil mereka.

"Kami masih terus memanggil konsumen untuk datang via direct maupun rilis lewat media. Mudah-mudahan yang baca datang," ujarnya.

Meski demikian, Jonfis mengatakan kampanye recall memang tak selalu bisa seluruhnya dilakukan karena banyaknya pemilik mobil yang kurang merespons panggilan yang sudah dilakukan.

"Ada saja yang enggak baca e-mail atau pun media, itu mungkin bisa lolos. Tapi kalau dia sering mengunjungi diler Honda atau dengar dari temannya, karena recall airbag ini bukan cuma dari Honda saja, tapi semua. Jadi rasanya orang yang bawa mobil juga tahu," tambahnya.

Karena itu, Jonfis menegaskan perbaikan atau penggantian komponen pada airbag merek Takata tidak dikenakan biaya karena merupakan bagian dari tanggung jawab produsen.

"Masalah recall Takata airbag lebih urgent dibanding recall lain. Jadi kami sangat menyarankan untuk segera datang ke bengkel resmi," bebernya.

Seperti diketahui, pada Februari 2016, HPM mengumumkan penarikan besar-besaran terhadap enam model di Indonesia.

Recall dilakukan sebagai tindakan pencegahan terhadap kemungkinan airbag tidak mengembang sebagaimana mestinya saat terjadi benturan. Airbag mungkin saja mengembang secara berlebih (overdeployment) akibat tekanan gas yang berlebihan sehingga berpotensi membahayakan pengemudi atau penumpang depan ketika terjadi kecelakaan. Airbag mengembang disertai lontaran benda logam yang dapat mengenai wajah atau leher pengemudi saat terjadi kecelakaan.

Mobil yang di-recall antara lain, 2.856 unit Accord produksi 2004–2007, 16.276 unit Civic produksi 2002–2011, 41.538 unit City produksi 2004–2013, 104.651 unit CR-V produksi 2002–2012, 199.167 unit Jazz produksi 2004–2014, dan 2.526 unit Stream produksi 2002–2006.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini