Share

Banyak Orang Indonesia Gengsi Beli Mobil Rakitan Lokal

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 25 Mei 2016 02:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 25 15 1396986 banyak-8206-orang-indonesia-gengsi-beli-mobil-rakitan-lokal-uZDcfsu1Rc.jpg Mercedes Benz rakitan lokal (Foto: Santo/Okezone)

BOGOR - Mobil rakitan lokal tidak perlu dikhawatirkan secara kualitas. Walaupun dirakit secara lokal sudah dipastikan proses pengerjaannya sesuai dengan regulasi yang sudah ditetapkan oleh pabrikan.

Meski begitu, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE), I Gusti Putu Suryawirawan, berpendapat tidak sedikit konsumen di Indonesia merasa gengsi bila membeli mobil rakitan lokal.

"Sekarang itu ada yang berpikiran rakitan lokal kualitasnya lebih rendah. Itu pemikiran yang salah. Orang Indonesia ini masih gengsi maunya yang dari luar," ucap Putu.

Menurut dia, bagaimana masyarakat bisa mencintai produk dalam negeri bila tidak tertarik dengan mobil racikan lokal.

"Padahal mereknya sudah global," pungkas Putu.

Saat ini ada dua merek mobil premium di Tanah Air yang sudah merakit beberapa produk global secara lokal, yakni Mercedes Benz Indonesia (MBI) dan BMW Group Indonesia.

MBI merakit enam model yaitu Mercedes Benz GLC, C Class, E Class, S Class, GLE, dan GLC Class.

BMW Group Indonesia mulai merakit mobil secara lokal pada 2011. Adapun produk yang dirakit adalah all new X5 Advance, Seri 3 sedan, Seri 5 sedan, SUV X1, dan X3.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini