Share

Sangar, Batmobile Gunakan Mesin Lamborghini

Anton Suhartono, Okezone · Jum'at 06 Mei 2016 00:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 15 1380349 sangar-batmobile-gunakan-mesin-lamborghini-JvGxR5HJlB.jpg Batmobile bermesin Lamborghini (Youtube)

LONDON - Pencita olahraga automotif pasti tidak asing lagi dengan ajang reli Gumball 3000. Dari namanya saja bisa diketahui bahwa reli yang pertama kali digelar di London, Inggris, pada 1999 ini menempuh jarak 3.000 mil atau sekira 4.800 kilometer. Namun dalam perkembangannya, lokasi start dan finis Gumball 3000 berpindah, bahkan pernah digelar di luar Eropa yaitu Amerika Serikat.

Keunikan dari Gumball 3000 ini adalah rute yang dipilih adalah jalan perkotaan. Tak heran jika pada beberapa kesempatan penyelenggara harus berhadapan dengan polisi lalu lintas di negara yang disinggahi. Meski begitu penyelenggaraan Gumball 3000 terus mengalami penyempurnaan. Bahkan, pada selibritis dan pembalap F1 seperti Lewis Hamilton pernah ikut serta, meski tidak semua etape diikutinya.

Pada 2016, Gumball 3000 mengambil start di Dublin, Irlandia, dan finis di Bucharest, Rumania. Satu dari dari sekian banyak peserta reli yang tampil dengan kendaraan unik adalah supercar berwujud seperti Batmobile.

Perserta dari Tim Galag membuat mobil itu semirip mungkin dengan Batmobile yang hadir di film 'Dark Knight'.

Dalam video yang diunggah di Youtube disebutkan, engineer membutuhkan waktu 15 tahun untuk membuat mobil ini di pabrik automotif Koenigsegg di Swedia. Kabin pengemudi dan penumpang seperti kokpit pesawat hanya saja posisi duduknya bersebelahan, seperti supercar pada umumnya. Hanya saja, untuk bisa masuk, pengemudi dan penumpang harus naik ke atap mobil terlebih dahulu.

Seperti Batmobile, desain mobil ini dibuat padat berisi, dari depan hingga belakang. Sehingga tidak heran pengemudi akan dipersoalkan dengan banyaknya blind spot. Sebagai solisinya, di sekeliling mobil dipasang kamera sehingga pengemudi dan penumpang bisa memantau situasi di sekeliling mobil secara real time.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seluruh bagian bodi dibuat dari bahan serat karbon. Dengan begitu, performa mobil bisa lebih maksimal karena bahan karbon lebih ringan. Cover roda berwarna hitam dibuat menutup rapat pelek. Penampakan ini seolah menimbulkan kesan bahwa roda tidak berputar. Hal ini dikarenakan warna hitam pada ban dan cover benar-benar berpadu.

Bagaimana dengan jantung penggeraknya? Meski dikembangkan di pabrik hypercar Koenigsegg, namun mobil ini menggunakan basis mesin Lamborghini Gallardo.

Lamborghini Gallardo dilengkapi mesin 5,2 liter V10 yang mampu memproduksi tenaga 405 kW pada 8.000 rpm dan torsi 540 nm pada 6.500 rpm. Sistem transmisi menggunakan E-Gear. Akselerasi dari 0 sampai 100 kilometer per jam dapat dicapai dalam 3,9 detik dengan kecepatan maksimum 320 km/jam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini