Share

Bangun Pabrik & Jaringan di Indonesia, Mitsubishi Butuh Ribuan Pekerja

Pius Mali, Okezone · Rabu 04 Mei 2016 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 15 1380293 bangun-pabrik-jaringan-di-indonesia-mitsubishi-butuh-ribuan-pekerja-6dTynyucac.jpg Mitsubishi butuhkan ribuan pekerja di Indonesia (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA - Mitsubishi sedang membangun pabrik baru di Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas, Desa Pasir Ranji, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Hingga bulan lalu, pembangunan pabrik sudah mencapai 88 persen dan ditargetkan rampung pada Agustus 2016. Mulai April 2017, pabrik itu direncanakan mulai memproduksi Pajero Sport.

Head of MMC Sales Group PT KTB Imam C Cahya mengatakan, pabrik ini menyerap banyak tenaga kerja.

"Produksi small MPV mulai 2017, itu secara bertahap. Pabrik itu mulai beroperasi April 2017, Pajero Sport yang pertama, lalu small MPV. Untuk pabrik pasti menarik tenaga kerja, totalnya bisa mencapai 3.000 orang," ujarnya.

Imam menambahkan, selain melakukan persiapan pabrik, pihaknya juga terus mengembangkan layanan aftersales service untuk pembeli mobil Mitsubishi. Layanan bengkel dan diler ini juga diyakini bisa membuka peluang penyerapan tenaga kerja.

"Untuk jaringan kami saat ini baru ada 78 dan akan terus berkembang, hingga akhir 2018 targetnya bisa mencapai 143 jaringan. Ini juga akan membutuhkan tenaga kerja. Satu bengkel saja katakan bisa membutuhkan 25 orang, dan belum yang lain-lain," lanjut dia.

Pabrik baru Mitsubishi berdiri di atas laha seluas 50 hektare dengan nilai investasi USD600 juta atau setara Rp7 triliun. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi total 160 ribu unit per tahun. Untuk small MPV akan diproduksi sebanyak 80 ribu unit per tahun, dengan perincian 60 ribu unit untuk pasar domestik dan 20 ribu untuk ekspor. Selain small MPV, pabrik itu juga akan memproduksi Pajero Sport dan Colt L300.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini