Share

Ini Beda Lampu Utama dan Lampu Kabut pada Mobil

Selasa 03 Mei 2016 21:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 03 15 1379600 ini-beda-lampu-utama-dan-lampu-kabut-pada-mobil-hv7pby0I5T.jpg lampu utama dan lampu kabut (Paultan)

JAKARTA — Lampu merupakan salah satu komponen penting dari sebuah mobil. Lampu berfungsi menerangi jalanan membantu pengemudi, terutama jika berkendara di malam hari.

Terdapat beberapa jenis lampu. Dua di antaranya adalah lampu utama (headlamp) dan lampu kabut (foglamp). Fungsi keduanya berbeda.

Dikutip Solopos, Selasa (3/5/2016), headlamp adalah lampu utama penerang jalan. Dalam perkembangannya, komponen ini terus mengalami kemajuan. Saat ini, lampu utama telah menggunakan teknologi multireflektor yang membuat cahaya lebih terang.

Pada beberapa mobil keluaran baru, headlamp juga telah dilengkapi dengan proyektor. Ini membuat sorotan cahaya tertahan dan tidak menyorot langsung ke jalan sehingga dapat mudah dilihat pengemudi lain dari arah berlawanan.

Selain headlamp, penerangan juga dibantu dengan lampu lain, yaitu foglamp. Posisi lampu ini biasanya ada di bawah headlamp. Lampu ini baru populer dalam satu dekade ke belakang.

Foglamp pada mulanya berfungsi memecah kabut karena intensitasnya lebih kuat dibanding headlamp. Saat ini, foglamp juga mampu menembus jalan yang bercuaca ekstrem seperti saat kabut tebal, gelap, hujan deras.

Warna foglamp yang paling cocok adalah kuning. Sebab, warna kuning adalah warna yang paling mampu menembus cahaya.

Dengan fungsi demikian, foglamp sebetulnya sangat dibutuhkan pada mobil-mobil tertentu. Misalnya yang diperuntukkan bagi mobil yang punya karakter penjelajah seperti sport utility vehicle (SUV).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini