Share

Perusahaan Global, Nissan Tak Bikin Produk Khusus untuk Indonesia

Anton Suhartono, Okezone · Sabtu 30 April 2016 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 29 15 1376088 perusahaan-global-nissan-tak-bikin-produk-khusus-untuk-indonesia-YFjm1FLyPv.jpg President Director Nissan Motor Indonesia Antonio Zara (NMI)

JAKARTA - President Director Nissan Motor Indonesia (NMI) Antonio Zara menegaskan, perusahaannya tidak akan mengembangkan produk khusus yang hanya dijual di Indonesia. Semua produk yang dibuat Nissan dipasarkan tidak hanya di satu negara.

Menurut pria yang akrab dipanggil Toti itu, Nissan pernah membuat kendaraan yang dikembangkan sesuai untuk kebutuhan pasar Indonesia, namun dipasarkannya tidak hanya di Tanah Air.

"Sebenarnya, tidak ada istilah produk spesial, termasuk Mobilio dan BR-V sekali pun. Produk itu bukan cuma untuk Indonesia, tapi juga dipasarkan di negara lain. Indonesia merupakan negara yang cocok untuk pengembangan produk. Sebagai contoh, kami memiliki Datsun GO dan GO+ Panca. Indonesia cocok untuk pengembangan GO dan GO+ Panca. Kalau ditanya produk kami yang unik untuk Indonesia, kami sudah memilikinya," ungkap Toti.

Namun, GO+ Panca dan GO+ juga dipasarkan di India.

Menurut dia, pengembangan produk akan tetap dilakukan Nissan ke depan, termasuk merek Datsun. Bahkan, ia menilai Datsun sudah berhasil membangun eksistensinya meski usia kehadirannya di Indonesia terbilang baru. Ini bisa diukur dari keberhasilan Datsun meraih pangsa pasar 19 persen di segmen low cost green car (LCGC) nasional dengan dua model yang dimilikinya.

"Kami tetap akan mengembangkan produk yang unik itu tadi ke depannya. Tapi kalau membuat produk yang khusus untuk Indonesia, saya kira tidak. Karena Nissan adalah perusahaan global. Karena itu, produk yang kami buat akan masuk ke pasar global," pungkas dia.

Mobil multi purpose vehicle (MPV) GO+ Panca lebih dulu diluncurkan di Indonesia, disusul kemudian hatchback GO+ pada September 2014. Mobil ini mengisi segmen LCGC dan bersaing bersama Toyota Agya, Daihatstu Ayla, Honda Brio Satya, dan Suzuki Wagon R. Namun, dari semua model yang ada, baru Datsun yang memasarkan LCGC berjenis MPV.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini