Share

Beli Mobil Hybrid Dapat Diskon Rp59 Juta dan Bebas Pajak 10 Tahun

Mufrod, Okezone · Jum'at 29 April 2016 03:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 28 15 1375461 beli-mobil-hybrid-dapat-diskon-rp59-juta-dan-bebas-pajak-10-tahun-t5yC8CiQN9.jpg Ilustrasi teknologi mobil listrik (foto: Bidnesetc)

BERLIN – Kebijakan beberapa negara memberikan insentif berupa potongan harga untuk pembelian mobil ramah lingkungan. Hal itu juga dilakukan Pemerintah Jerman yang baru-baru ini memberikan insentif diskon sebesar 4 ribu euro atau sebesar Rp59 juta.

Seperti dikutip dari Autoblog, jenis kendaraan yang mendapat insentif salah satunya kendaraan bermesin hybrid, listrik, dan mobil dengan bahan bakar hidrogen. Insentif ini akan diberlakukan mulai bulan depan dengan total biaya yang dikeluarkan Pemerintah setempat mencapai USD1,4 miliar atau sebesar Rp18 triliun.

Namun insentif akan diberikan khusus untuk kendaraan yang diproduksi di Jerman seperti BMW, Mercedes Benz, dan Volkswagen. Dil uar produk tersebut, pemerintah tidak memberikan insentif bagi pembelian mobil ramah lingkungan.

Selain insentif, Jerman juga mengalokasikan dana sebesar USD340 juta atau sekira Rp4,4 triliun yang akan digunakan untuk membangun fasilitas infrastruktur pengisian tenaga dan bahan bakar ramah lingkungan. Sedikitnya 15 ribu stasiun pengisian akan dibangun di seluruh kota Jerman.

Tercatat, populasi kendaraan ramah lingkungan di Jerman saat ini telah mencapai 30 ribu unit. Pemerintah Jerman sendiri menargetkan jumlah kendaraan ramah lingkungan mencapai 1 juta unit hingga 2020.

Bahkan untuk memberi stimulan, mereka juga berencana membebaskan pajak kendaraan selama 10 tahun untuk pembelian mobil ramah lingkungan sebelum 2020.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini