Share

Di Negara Ini, Orang Hanya Punya 1 Tangan Boleh Nyetir Mobil

Anton Suhartono, Okezone · Sabtu 13 Februari 2016 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 13 15 1311349 di-negara-ini-orang-hanya-punya-1-tangan-boleh-nyetir-mobil-CQJeJyun07.jpg Dengan peraturan yang baru di China, orang yang hanya memiliki satu tangan boleh mengendarai mobil (Ilustrasi: Mirror)

BEIJING - Pemerintan China merevisi aturan mengenai penerbitan surat izin mengemudi (SIM), khususnya bagi penyandang disabilitas. Dengan pemberlakuan aturan yang baru tersebut, maka semakin banyak penyandang disabilitas bisa mengendara mobil. 

Seperti dikutip dari Xinhua, peraturan itu mulai diberlakukan pada 1 April 2016. Kalangan disabilitas yang diperbolehkan mengendarai mobil adalah orang lumpuh atau tunanetra yang satu matanya masih bisa melihat.

Selain itu, orang yang hanya memiliki satu tangan juga diperbolehkan mengendarai mobil. Namun, kendaraan yang digunakan harus yang sudah menggunakan fitur khusus. Orang yang tidak memiliki jari tangan kanan pun nantinya diperbolehkan mengendarai mobil.

Komitmen Pemerintah China untuk mengakomodasi penyandang disabilitas dalam hal mengendarai mobil sudah ditunjukkan sejak 2003. Saat itu, Pemerintah mencabut aturan pelarangan penyandang cacat menggunakan mobil.

Awalnya, hanya penderita kelumpuhan ringan dan keterbatasan pendengaran yang diperbolehkan mengemudi. Namun setelah itu berkembang ke jenis cacat tubuh lainnya, tentunya disertai dengan perangkat pendukung. 

Berdasarkan data Kementerian Keamanan Publik China, saat ini ada 74 ribu penyandang disabilitas yang memiliki SIM. Kementerian menyebutkan, aturan baru akan diberlakukan seiring dengan kemajuan di bidang teknologi kendaraan yang mendukung penggunaan oleh kalangan disabilitas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini