Share

Cara Merawat Perangkat Turbo di Mesin Diesel

Mufrod, Okezone · Kamis 11 Februari 2016 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 10 15 1309126 cara-merawat-perangkat-turbo-di-mesin-diesel-lcFpG8bE0O.jpg Mesin diesel turbo (foto: Okezone)

JAKARTA - Merawat fungsi turbo pada mesin diesel yang banyak diaplikasikan produsen automotif saat ini, terbilang cukup mudah. Tidak ada perawatan khusus untuk menjaga perangkat induksi tenaga tambahan disektor mesin ini.

Menurut Iwan Abdurahman, general repair manager department technical service Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan, perangkat turbo pada mesin diesel tidak perlu perawatan khusus.

Ia menambahkan, langkah yang perlu diperhatikan hanya penggantian oli mesin serta filter oli yang harus rutin dilakukan penggantian selama 10 ribu kilometer. Fungsi oli mesin bagi kinerja turbo adalah untuk mendinginkan suhu saat perangkat ini bekerja.

Selain itu penting diperhatikan penggunaan pelumas yang direkomendasikan bengkel resmi, atau gunakan pelumas khusus mesin turbo. Hal ini bertujuan agar kualitasnya terjaga dan tidak terjadi penguapan yang bisa merusak kualitas oli. Sehingga tidak mengganggu kinerja perangkat turbo.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini